The Pengembangan Handout Mind Mapping di MI (Materi Sholat Jum’at Mata Pelajaran Fiqih Kelas IV Kurikulum 2013)

Authors

  • Siti Rofi'ah UNHASY
  • Fauziah PGMI FAI Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.47400/jiees.v1i2.16

Abstract

Bahan ajar yang sering digunakan di sekolah adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) kerena harganya yang terjangkau membuat sekolah hanya memberikan LKS sebagai penunjang pembelajaran siswa. Kebanyakan bentuk LKS hanya berwarna hitam putih sehingga siswa kurang menarik dan kurang menyenangkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar berupa hanout mind mapping materi shalat jum’at mata pelajaran fiqih untuk kelas IV madrasah Ibtidaiyyah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development). Penelitian ini mengacu pada penelitian model desain Dick and Carey, yaitu: Analysis Instrutional Goal, Conducting Instructional Analysis, Identifying Entry Behaviors, Writing Performance Objectives, Developing Criterion-Referenced Test, Developing Instructional Strategy, Developing and Selecting Instruction, Designing and Conducting Formative Evaluation, Revising Instruction, Designing and Conducting Summative Evaluation. Pembelajaran dengan menggunakan produk ini menjadi lebih menyenangkan dan membuat siswa menjadi aktif. Produk ini selain berisi gambar yang sesuai dengan tema, mind mapping yang lucu juga terdapat kuis belajar sambil bermain, sehingga siswa dapat belajar sambil bermain agar pembelajaran lebih menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementrian Agama, Fikih:Buku Guru, (Kementerian Republik Indonesia, Jakarta, 2014), hlm 44.

Majid, Abdul. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Remaja Rosydakarya: Bandung.

Mohamad, Nur. 2018. Pengembangan Bahan Ajar, Dostock.com, diakses tgl 13 Oktober.

Pendis Kemenag. http://pendis.kemenag.go.id/index.php?a=detilberita&id=8853, diakses 5 Nopember 2018.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif; Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Diva Press:Jakarta.

Sandika, Rini dkk. 2014. Pengembangan Handout Bergambar Dilengkapi Peta Konsep Pada Materi Kingdom Protista Untuk Siswa SMA. E Jurnal; Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat. http://jim.stkip-pgri-sumbar.ac.id/prodi/ND?page=22

Taseman, Iman Rasiman, Arumi Puji Lestari, Atik Anturichana, Hanyfa Maulidiyah, H. H. (2020). IMPLEMENTASI EVALUASI SOAL PEMBELAJARAN IPS THE IMPLEMENTATION OF LEARNING EVALUATION ON SOCIAL STUDIES BASED ON 2013 CURRICULUM AT MI ASSYAFI ’ IYAH. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 74–80

Taseman. (2020). Pemanfaatan Media Visual Pada Pembelajaran IPS Di MI Darul Mutaallimin Sidoarjo. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 86–97.

Wahab, Rohmalina. 2016. Psikologi Belajar. Rajawali Press:Jakarta.

Published

2020-12-30

How to Cite

Siti Rofi’ah, & Kurniatun Nailatin. (2020). The Pengembangan Handout Mind Mapping di MI (Materi Sholat Jum’at Mata Pelajaran Fiqih Kelas IV Kurikulum 2013) . JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(2), 52-59. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i2.16