Pemanfaatan E-Learning Pada Aplikasi Google Classroom, Google Meet, Zoom Meetting Sebagai Media Perkuliahan Daring Bagi Mahasiswa PGMI STIT Al-Ibrohimy Bangkalan Pada Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.47400/jiees.v2i1.30Keywords:
E-Learning, Google Classroom, Media Sosial, Daring, STIT Al Ibrohim, Covid-19Abstract
Hasil bahasan mengenai pemanfaatan e-learning menggunakan google classroom sebagai media perkuliahan daring bagi mahasiswa PGMI STIT Al Ibrohim Madura pada masa Covid-19, dapat memberikan manfaat secara efektif, efisien, dengan media tersebut perkuliahan bisa dilaksanakan secara virtual online baik mahasiswa yang jauh rumahnya maupun yang dekat, dengan menggunakan akses internet/paket data bagi mahasiswa. Selain itu kendala dalam memanfaatkan e-learning adalah adaptasi kemampuan mahasiswa dalam menggunakan google classroom dalam sebagai media sosial pembelajaran pada masa covid-19.
Downloads
References
Anggraini, E. (2018). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 9 Bandar Lampung. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 1(1), 1–139. Retrieved from https://gudangmakalah.blogspot.com/2012/07/skripsi-pengaruh-pembelajaran-aqidah.html
Arifin, S. (2013). Panduan Pengembangan dan Penyelenggaraan Kuliah Daring Indonesia Terbuka & Terpadu. Buku Pembelajaran Daring, 1(1), 1–159.
Assegaff, S. (2017). Evaluasi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Knowledge Sharing. Jurnal Manajemen Teknologi, 16(3), 271–293. https://doi.org/10.12695/jmt.2017.16.3.4
Barra Pradja, Raisa, S. J. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning dengan Aplikasi Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 0812(1), 139–146.
Cindy aulia putri, wasiah ritongah, L. hasibuan. (2019). Desain pembelajaran Pada Program Afirmasi dengan Pendekatan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). https://doi.org/10.31227/osf.io/2x5ra
Darmawan, Y. (2019). PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMA JURUSAN IPS. Pendidikan Matematika, 1(1), 1–15.
Doni, rohma F. (2017). Perilaku Penggunaan Smartphone Pada Kalangan Remaja. Journal Speed Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 9(2), 16–23. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0028245
Efendi, Y., & Utami, N. (2019). Pengukuran Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Media E-Learning Google Classroom ( SMK Sulthan Muazzamsyah Pekanbaru ). Computation Technology And Its Application, 1(1), 1–4.
Ekayati, R. (2017). Optimalisasi Aplikasi Edmodo Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Kesadaran Berbahasa Mahasiswa Pada Mata Kuliah Literary Criticism Di FKIP UMSU. Edu Tech, 3(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Irna Dwi Destiana, Wiwik Endah Rahayu, Nurul Mukminah, O. Y. (2019). Penerapan Model Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Agroindustri Politeknik Negeri Subang. Pai, 5(2), 87–92.
Marasmita, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di Sma Negeri Nogosari. Skripsi, 1(1).
Meiza, A., Hanifah, F. S., Natanael, Y., & Nurdin, F. S. (n.d.). Analisis Regresi Ordinal untuk melihat Pengaruh Media Pembelajaran Daring terhadap Antusiasme Mahasiswa Era Pandemi Covid. Digital Library UIN Sunan Gunung Jati, 1(1), 1–8.
Nadziroh, F. (2017). Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual (Jikdiskomvis), 2(1), 1–14.
Noor, M. E., Hardyanto, W., & Wibawanto, H. (2017). Penggunaan E-Learning dalam Pembelajaran Berbasis Proyek di SMA Negeri 1 Jepara. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(1), 17–26. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i1.15572
Nur Ali, G. A. Y. P. A. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Pada Kompetensi Dasar Mempresentasikan Jenis-Jenis Alat Berat Pada Pekerjaan Konstruksi. Teknik Sipil, 1(1), 1–8.
Pptiup, L. U. (2018). Modul Pelatihan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA). Buku Sistem Pembelajaran Daring (Spada), 1(1), 1–53.
Sailah, I. (2014). Panduan Penjaminan Mutu Pengembangan Pembelajaran. Buku Panduan Mutu, 1(1), 1–37.
Sappaile, B. I., & Purnomo, M. P. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom terhadap Hasil Belajar Matematika ( Penelitian Eksperimen Semu pada Siswa SMA Negeri Kelas X di Kota Makassar ). Jurusan Matematika MIPA.
Sari, I. N. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLECLASSROOM TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA. Skripsi. Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/13733/isna normalita sari.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Setiyowati, H. D. (2020). Belajar dan pembelajaran. metode pembelajaran daring / e learning. ResearchGate, (April).
Sudibjo, A. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Google Classroom Pada Materi Alat Optik Untuk Meningkatkan Respons Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri 4 Surabaya. Jurnal Education and Development, 7(3), 278–284.
Sulastri, R. H. (2020). Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan, 37(4), 106–118. https://doi.org/10.1088/0256-307X/37/4/043101
Sulistiono, M. (2019). Implementasi Hybrid Learning Menggunakan Aplikasi Edmodo Pada Matakuliah Metode Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 1–11.
Susanti, L. (2016). Hubungan Penggunaan Google Classroom Sebagai Pembelajaran Efektif Dan Paperless Terhadap Nilai Hasil Belajar Kognitif Pada Pelajaran Biologi Di Sma Charis-Malang. Prosiding Inovasi Pendidikan Di Era Big Data Dan Psikologinya, (November).
Utami, R. (2019). Analisis Respon Mahasiswa terhadap Penggunaan Google Classroom pada Mata Kuliah Psikologi Pembelajaran Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 498–502.
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37–45.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.