Konsep Integrasi Ilmu Ke- MI An Dengan Ilmu Islam

Authors

  • Azlansyah Hamka UIN Sunan Kalijaga
  • KZ Saputro UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47400/jiees.v3i1.35

Keywords:

Integrasi, MI, Ilmu Islam

Abstract

This study aims to describe the concept of integration of MI science with Islamic science. The researcher uses a qualitative approach to library research to gain an understanding of the concept of integrating MI science with Islamic science. The data collection technique used is a literature review study. The results of the study resulted in the integration of curriculum, subjects and lesson models.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armahedi Mahzar, “Revolusi Integralisme Islam”, (Bandung: Mizan, 2004), hlm 37.

Andi Prastowo. (2019), “Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu”. Jakarta: Kencana.

Ahmad Mukhlasin dan Rakhmat Wibowo,” DESAIN PENGEMBANGAN KURIKULUM INTEGRATIF DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN” Jurnal Tawadhu, Vol. 2 no. 1, 2018.

Dzajuli, Model-model Pembelajaran, (Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan menengah Dapertemen Pendidikan Nasional, 2002), hlm. 14

E. Mulyasa. (2017),“Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013”. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ikhwan Afiful, “Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-nilai Islami dalam Pembelajaran”), Jurnal Pendidikan Islam, (2) 2 November, 2014, hlm. 185.

Jejen Musfah. (2012), “Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif”. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Program Indonesia Pintar, https://jdih.kemdikbud.go.id, (Jakarta: Dirjen Perppu Kemenkue dan HAM, 2016).

Kementerian Agama RI, Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab, (Jakarta: Menteri Agama Republik Indonesia, 2013

Kementerian Agama RI, Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama nomor 90 tahun 2013 tentang penyenggaraan Pendidikan Madrasah, (Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI, 2015).

Kementerian Agama RI, Madrsah Indonesia: Madrasah Prestasiku, Madrasah Pilihanku, (Jakarta: DirektoratJendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI, 2015.

Lalu Muhammad Nurul. (2018), ” Integrasi pendidikan Islam dan Sains”. Ponorogo: CV Uwais Inspirasi Indonesia.

Lukman Hakim, Ishomuddin, dkk (2020). ”Pendidikan Islam Integratif”. Malang: Gestalt Media.

Nur Chanifah. (2020), “Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”. Banyumas: Pena Persada.

Rudi Nurjaman. (2020), “Pendidikan Agama Islam”. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Siti Makhmudah, “Hakikat Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Modern dan Islam” Al-Murabbi, Volume 4, Nomor 2, Januari 2018.

Syamsul Anwar. (2018) “Islam, Ilmu dan Kebudayaan”. Yogyakarta: UAD Press.

Syamsul Kurniawan. (2016) “Ilmu Pendidikan Islam”. Yogyakarta: Ombak

Uci Sanusi dan Rudi Ahmad. (2012) “Ilmu Pendidikan Islam”. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Umar, dkk. (2016). ”Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Transformatif”. Yogyakarta, Cv Budi Utama.

Uum Murfiah, (2017) “Model Pemnbelajaran Terpadu di SD” Jurnal Pesona Dasar, Vol. 1 No. 5.

Zainal Abidin Bagir, (2005) ”Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan aksi”. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Published

2022-06-30

How to Cite

Hamka, A., & KZ Saputro. (2022). Konsep Integrasi Ilmu Ke- MI An Dengan Ilmu Islam. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.47400/jiees.v3i1.35

Issue

Section

Articles