Konsep Integrasi Ilmu Ke- MI An Dengan Ilmu Islam
DOI:
https://doi.org/10.47400/jiees.v3i1.35Keywords:
Integrasi, MI, Ilmu IslamAbstract
This study aims to describe the concept of integration of MI science with Islamic science. The researcher uses a qualitative approach to library research to gain an understanding of the concept of integrating MI science with Islamic science. The data collection technique used is a literature review study. The results of the study resulted in the integration of curriculum, subjects and lesson models.
Downloads
References
Armahedi Mahzar, “Revolusi Integralisme Islam”, (Bandung: Mizan, 2004), hlm 37.
Andi Prastowo. (2019), “Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu”. Jakarta: Kencana.
Ahmad Mukhlasin dan Rakhmat Wibowo,” DESAIN PENGEMBANGAN KURIKULUM INTEGRATIF DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN” Jurnal Tawadhu, Vol. 2 no. 1, 2018.
Dzajuli, Model-model Pembelajaran, (Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan menengah Dapertemen Pendidikan Nasional, 2002), hlm. 14
E. Mulyasa. (2017),“Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013”. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ikhwan Afiful, “Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-nilai Islami dalam Pembelajaran”), Jurnal Pendidikan Islam, (2) 2 November, 2014, hlm. 185.
Jejen Musfah. (2012), “Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif”. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Program Indonesia Pintar, https://jdih.kemdikbud.go.id, (Jakarta: Dirjen Perppu Kemenkue dan HAM, 2016).
Kementerian Agama RI, Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab, (Jakarta: Menteri Agama Republik Indonesia, 2013
Kementerian Agama RI, Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama nomor 90 tahun 2013 tentang penyenggaraan Pendidikan Madrasah, (Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI, 2015).
Kementerian Agama RI, Madrsah Indonesia: Madrasah Prestasiku, Madrasah Pilihanku, (Jakarta: DirektoratJendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI, 2015.
Lalu Muhammad Nurul. (2018), ” Integrasi pendidikan Islam dan Sains”. Ponorogo: CV Uwais Inspirasi Indonesia.
Lukman Hakim, Ishomuddin, dkk (2020). ”Pendidikan Islam Integratif”. Malang: Gestalt Media.
Nur Chanifah. (2020), “Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”. Banyumas: Pena Persada.
Rudi Nurjaman. (2020), “Pendidikan Agama Islam”. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Siti Makhmudah, “Hakikat Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Modern dan Islam” Al-Murabbi, Volume 4, Nomor 2, Januari 2018.
Syamsul Anwar. (2018) “Islam, Ilmu dan Kebudayaan”. Yogyakarta: UAD Press.
Syamsul Kurniawan. (2016) “Ilmu Pendidikan Islam”. Yogyakarta: Ombak
Uci Sanusi dan Rudi Ahmad. (2012) “Ilmu Pendidikan Islam”. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Umar, dkk. (2016). ”Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Transformatif”. Yogyakarta, Cv Budi Utama.
Uum Murfiah, (2017) “Model Pemnbelajaran Terpadu di SD” Jurnal Pesona Dasar, Vol. 1 No. 5.
Zainal Abidin Bagir, (2005) ”Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan aksi”. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.