Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah Pada MINU Pucang Bertaraf Internasional

Authors

  • Moch. Zakki Mubarok Institut Agama Islam Al Khoziny
  • Niswatin IAI Al Khoziny Buduran Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47400/jiees.v2i2.41

Keywords:

Management, Quality, MINU Pucang, International Standard Madrasah

Abstract

This study aims to determine the implementation of madrasah-based quality improvement management at international standard madrasah at MINU Pucang Sidoarjo, this study uses a qualitative approach. As for the results of the study, it is known that the concept of international standard madrasa management quality in its implementation goes through the following stages: The concept of institutional management, supporting factors, weaknesses, planning stages, Doing, checking, acting. From these stages, madrasah are produced that are able to compete and are competent and attract the interest of parents and students to be able to study at MINU Pucang Sidoarjo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chotimah, C., & Nisa, K. (2019, November). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MA Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin (Vol. 2, No. 1, pp. 125-128).

Departemen Pendidikan Nasional, 2007, Panduan Penyelenggaraan Rintisan Sekolah Dasar Bertaraf Internasional, Depdiknas Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Haryati, S. (2012). Pengembangan model manajemen pembiayaan sekolah menengah pertama (SMP) rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) di Kota Magelang. Journal of Economic Education, 1(1).

Hendyat Seotopo. 2003. Pendidikan dan Pembelajaran Teori, Permasalahan dan Praktek Pendidikan.

Mohammad Syaifuddin, dkk. Manajemen Berbasis Sekolah,Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional. 2007

Mulyasa, H. E. 2011. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Jakarta: Bumi Aksara.

Prawirosentono, Suyadi. 2004. Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management) Abad 21 Studi Kasus dan Analisis. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudarsana, I. K. (2018). Pentingnya Sekolah Bertaraf Internasional di Bali. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(1), 135-143.

Suparlan. 2008. Membangun Sekolah Efektif . Yogyakarta: Hikayat.

Suryana, S. (2017). Permasalahan mutu pendidikan dalam perspektif pembangunan pendidikan. Edukasi, 2(1).

Supriyadi, Dedi. 2006. Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Usman, Husaini. 2008. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara

Umiarso dan Imam Gojali. 2011. Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan, Jakarta: IRCiSoD.

Widodo, H. (2016). Potret pendidikan di Indonesia dan kesiapannya dalam menghadapi masyarakat ekonomi Asia (MEA). Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 13(2), 293-308

Published

2021-12-30

How to Cite

Moch. Zakki Mubarok, & Niswatin. (2021). Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah Pada MINU Pucang Bertaraf Internasional. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 2(2), 90-95. https://doi.org/10.47400/jiees.v2i2.41