Pengaruh Kedisiplinan Pembelajaran Aqidah Akhlaq Terhadap Hasil Belajar Siswa di MI

Authors

  • Maratus Sholihah Universitas Al-Falah As-sunniyyah Kencong Jember
  • Khurin In Ratnasari Universitas Al-Falah As-sunniyyah Kencong Jember
  • Akhmad Zaeni Universitas Al-Falah As-sunniyyah Kencong Jember

DOI:

https://doi.org/10.47400/jiees.v4i2.46

Keywords:

Kedisiplinan, Pembelajaran Aqidah Akhlaq, Hasil Belajar, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Kedisiplinan belajar merupakan keseluruhan skor dari indikator yang meliputi disiplin diri, disiplin waktu, disiplin belajar dan disiplin berpakaian. Disiplin adalah sebuah kondisi yang tercipta melalui proses latihan yang dikembangkan menjadi serangkaian perilaku yang didalamnya terdapat unsur ketaatan, kepatuhan, ketertiban dan semua itu dilakukan sebagai tanggung jawab yang bertujuan untuk membuat perubahan yang lebih baik pada diri sesorang. Sedangkan hasil belajar adalah suatu perubahan tingkah laku dari pengetahuan dan sikap yang diperoleh seseorang setelah melalui beberapa proses kegiatan belajar yang menjadi pedoman di dalam hidupnya. Penelitian yang penulis lakukan ini merupakan penelitian kuantitatif yang dalam pengolahannya menggunakan teknik analisis data. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 peserta didik yang diambil dari populasi yang berjumlah 210 siswa di MI Baitul Ridlo Umbulsari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode angket dan hasil belajar siswa yang diambil dari nilai ulangan dan nilai ujian. Dalam hal ini hasil analisis data yang digunakan penulis adalah menggunakan uji normalitas dan uji paired t test. Adapun hasil uji normalitas yang telah dilakukan, diperoleh nilai sig two tailed sebesar 0,200 > 0,05 sesuai dengan keputusan jika sig two tailed lebih besar dari 0,05 maka berdistribusi normal. Selanjutnya pada uji paired t-test diketahui t hitung bernilai negatif yaitu sebesar  -87,015. T hitung bernilai negative ini disebabkan karena nilai rata – rata Pre Test lebih rendah dari Post Test. Maka dari itu t hitung negative dapat bermakna positif. Dengan demikian t hitung 87,015 > t tabel 2,042. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perbedaan rata-rata Pre Test dan Post Test yang artinya ada pengaruh kedisiplinan pembelajaran aqidah akhlaq terhadap hasil belajar siswa di MI Baitul Ridlo Umbulsari tahun Pelajaran 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin Muhammad dan Barnawi, 2014. Kinerja Guru Profesional. Jogyakarta : Ar Ruzz Media.

Arikunto Suharsimi, 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta.

Asnawan dan Umiarso, 2017. Kapita Selecta Pendidikan. Depok : Kencana.

Baharuddin, 2010. Psikologi Pendidikan, Jogjakarta : Ar-Ruzz Media Group.

Chakim Lukman, 2014. Akidah Akhlak. Jakarta: Kementerian Agama.

Darsono Max, 2000. Belajar dan Pembelajaran, IKIP Semarang Press.

E. Kosasih, 2014. Strategi Belajar Dan Pembelajaran Implentasi Kurikulum 2013, Bandung : Yrama Widya.

Febriyati Rizki, 2015. Perilaku Kedisiplinan Siswa Kelas X Selama Proses Pembelajaran Ilmu Gizi di SMKN 3 Wonosari Yogyakarta.

Hamalik Oemar, 2009. Proses Belajar Mengajar, Jakarta : PT Bumi Aksara.

Imron Ali, 2016, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Ismi Rostiati, Pengaruh Kedisiplin Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 07 Kabupaten Seluma, Skripsi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, 2019. http://repository.iainbengkulu.ac.id/2573/1/BAB%20I.pdf diakses pada tanggal 8 Januari 2022, pukul 19.45 WIB

Kementerian Agama RI, 2012. Al Qur’an dan Terjemahnya, Surabaya : CV. Duta Suraya.

Khoirul Isnaini, Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Mts Miftahul Huda Banding Sukadana Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017, (Skripsi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, 2017) https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1798/1/Skripsi%20Khoirul%20Isnani%20PAI%201283551.pdf di akses pada tanggal 8 Januari 2022, pukul 17.47 WIB.

Ngalim M Purwanto, 2009. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Shofiyati Sri, 2012. Hidup Tertib. Jakarta Timur : Balai Pustaka.

Slameto, 2015. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slamet, 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka cipta.

Sudjana, 2001. Metode dan Tehnik Pembelajaran Partisifasif, Bandung : Falah.

Sudijono Anas, 2009. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung : Alfabeta.

Sumantri Mulyani,dkk, 2007. Perkembangan Peserta.

Susanto Ahmad, 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Tafsir Ahmad, 2017. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung : Rosdakarya.

Tu’u Tulus, 2004. Peran Disiplin Pada Perilak u Siswa dan Perestasi Siswa. Jakarta: Gras indo.

Uzer M Usman, 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosda.

Wandi Rus, 2013. Psikologi Pembelajaran, Bandung : Cipta Pesona Sejahtera

Zainul Aswani, 2004. Tes dan Asesmen di SD.

Published

2023-12-12

How to Cite

Maratus Sholihah, Khurin In Ratnasari, & Akhmad Zaeni. (2023). Pengaruh Kedisiplinan Pembelajaran Aqidah Akhlaq Terhadap Hasil Belajar Siswa di MI. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 4(2), 62-67. https://doi.org/10.47400/jiees.v4i2.46