Upaya Guru Mengelola Kelas Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Darun Najah Kwangsan Sedati Sidoarjo)

Authors

  • Moh. Khoiruddin IAI Al Khoziny Buduran Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47400/jiees.v4i1.55

Keywords:

Upaya Guru, Mengelola Kelas, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an, Pelajaran Al-Qur’an Hadits, Studi Kasus, Madrasah Ibtidaiyah Darun Najah, Kwangsan Sedati Sidoarjo

Abstract

Al-Qur’an Hadits merupakan mata Pelajaran wajib bagi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah, tujuan untuknya membekali peserta didik setelah melakukan proses pembelajaran, sudah menjadi keharusan bagi umat Islam untuk belajar membaca al- Qur’an. Membaca al-Qur’an bagi umat Islam merupakan ibadah kepada Allah SWT. Oleh karena itu keterampilan membaca al-Qur’an perlu diberikan kepada anak sejak dini, sehingga nantinya diharapkan setelah dewasa dapat membaca, memahami dan mengamalkan Al-Qur’an dengan baik dan benar, kandungan ayat Al-Qur’an memuat ajaran tentang aqidah, hukum, ibadah, muamalah serta akhlak. Al-Qur'an memberikan jalan lurus, paling  jelas  serta sebagai kabar gembira bagi  orang-orang yang beriman kepada-Nya  yaitu  orang-orang  yang  mengerjakan amal-amal  yang  sesuai dengan ketentuan Al-Qur'an. Jenis Penelitian kualitatif deskriptif, ujuan dari penelitian mengenai Upaya Guru Mengelola Kelas Guna Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Studi Kasus Di Madrasah Ibtida’iyah Darun Najah Kwangsan Sedati Sidoarjo), Sumber data penelitian menggunakan kuesioner, wawancara responden, Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, Analisis data (a) Reduksi data, (b) Penyajian data, (c) Menarik kesimpulan. Hasil penelitian bahwa Madrasah di Kwangsan mempunyai program kegiatan menghafal ayat-ayat Al-Qur’an dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang berujuan melatih kebiasaan peserta didik dalam pembelajaran Menghafal ayat-ayat Al-Qur’an akan membantunya memperkuat ingatan dan pengetahuan yang dimilikinya. Adapun yang dipakai metode wahdah, metode kitabah, metode sima’i, metode gabungan dan metode jamak, dalam mengelola kelas guru menggunakan media card sort. Guru juga memberikan motivasi bagi peserta didik dalammenghafal, Menumbuhkan semangat baru kepada siswa dan melakukan suatu hal untuk kepentingan bersama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Mujib, Muhaimin. 1993. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya.

Ahmad, Abu. 1986. Metode Khusus Pendidikan Agama. Bandung: CV Amrico.

Al Hafidz, Mahbub Junaidi. 2006. Menghafal Al-Qur’an itu Mudah, Lamongan: CV Angkasa Solo

Al-Hafidz, Ahsin W. 2000, Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara

Ambarjaya, Beni S. 2020. Mengutip Pendapat Connell Dalam Bukunya, Model-Model pembelajaran Kreatif, Bandung Tinta Emas.

Badwilan, Ahmad Salim. 2009. Panduan Cepat Menghafal Al-Qur’an. Jogjakarta: Diva Press.

Baharuddien. 2005. Aktualisasi Psikologi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chairani, Lisya. 2010, Psikologi Santri Penghafal Al-Qur’an, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif , Bandung: Pustaka Setia.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Departemen Agama Republik Indonesia. 1971. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir Al-Qur’an.

Fithriyah, N. N. (2018). Peningkatan Kemampuan Menghafal Surat Al-‘Adiyat Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Melalui Metode Pair Check Di Kelas Iv-B Minu Berbek Sidoarjo. Laporan Akhir Skripsi, 1(1), 1–112.

Hafidz, Mahhub Junaidi Al. 2006. Menghafal Al-Qur’an itu mudah, Lamongan: CV Angkasa Solo.

Harjanto, 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hasan, Tholchah. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif: Tinjauan Teoretis dan Praktis, Malang : Universitas Islam Malang.

Kementrian Agama RI. 2014. Al Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Safiha. Kementerian Agama Islam.2000. Al Qur’an dan Terjemahnya Dilengkapi KajianUshul Fiqih. PT Stigma Gramedia.

Kuswaya Wihardit, dkk. 2000. Penelitian Tindakan 36 Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Lasvia, dan Umar Tirta Harja. 2000. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Maesaroh. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Everyone Is Teacher Here Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Studi di MTs Al-Khairiyah Kalodran). Laporan Akhir Skripsi, 1(1), 1.

Moelong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, Remaja Rosda Karya.

Prastowo, Andi. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Rif’aturrofiqoh, G. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Yanbu’a Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas Iv Min 7 Bandar Lampung.

Shihab, M Quraish, 1999, Sejarah dan Ulum Al-Qur’an, Jakarta: Pustaka Firdaus.

Shofiyah, Chalumi. Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IV SDK Thoir Bakri Surabaya, Wawancara Pribadi dan kroscek unjuk kerja, 11 Januari 2019.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian KuantitatifKualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syamsudin, Abin.1999. Diagnosis Kesulitan belajar. Jakarta: Rineka cipta.

Syarifuddin, Ahmad. 2004. Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai AlQur’an. Jakarta: Gema Insani.

Tanzeh, Ahmad. 2009. Metode Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.

Tim Penyusun MKD UIN Sunan Ampel, 2011. Studi Al Qur’an. Surabaya: UINSA Press.

Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Bandung: Permana.2006

Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Pers.

Yuli, Tatang. 2010. Penelitian Pendidikan Matematika, Surabaya:Unesa University Press.

Yuliati, W. A. (2018). Penerapan Pembelajaran Tajwid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al Qur’an Pada Mata Pelajaran Al Quran Hadis Di Mi Nurul Huda Nogosari Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. Laporan Akhir Skripsi, 1(1), 1–115.

Zawawie, Mukhlisoh.2011. P-M3 Al Qur’an Pedoman Membaca, Mendengar, dan Menghafal Al Qur’an, Solo: Tinta Medina

Zuhdi, N. (2018). Implementasi Metode Menghafal Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Melalui Surat-Surat Pendek Al-Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal. Laporan Akhir Tesis, 1(1), 1–17.

Published

2023-06-30

How to Cite

Moh. Khoiruddin. (2023). Upaya Guru Mengelola Kelas Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Darun Najah Kwangsan Sedati Sidoarjo). JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 4(1), 30-49. https://doi.org/10.47400/jiees.v4i1.55

Issue

Section

Articles