Implementasi Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Melalui Kunjungan Perpustakaan dan Lingkungan Riil Pada Pelajaran Fikih di Kelas VI MI Raudlatul Mubtadiin Ketapang Sampang
DOI:
https://doi.org/10.47400/jiees.v4i2.59Keywords:
Implementasi, Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing, Kunjungan Perpustakaan Lingkungan Riil,, Pelajaran Fikih Kelas VI, MI Raudlatul Mubtadiin Ketapang SampangAbstract
Di MI Raudlatul Mubtadiin Ketapang, metode inkuiri berhasil diterapkan lewat perjalanan perpustakaan dan iklim yang nyata. Diperoleh hasil, yaitu: 1. Sebelum memutuskan layak atau tidaknya pembelajaran menggunakan metode inkuiri, terlebih dahulu dipikirkan kesesuaian dan ketepatan dengan kriteria pembelajaran inkuiri pada mata kuliah Fikih kelas V materi Haji dan Umrah, serta minuman dan makanan yang haram dna halal Hal ini didasarkan pada lima faktor, yaitu keuntungan belajar, perlunya pengetahuan dan kemampuan dasar, nilai pengetahuan, lamanya waktu yang dibutuhkan dalam proses, dan keberadaan sumber belajar. Proses pembelajaran inkuiri memiliki tujuh persyaratan yang harus dipenuhi: a. materi/teori; b. stimulus masalah; c. keutamaan mempunyai wawasan; d. waktu yang dibutuhkan dalam pembelajaran; e. mengembangkan skenario selama dialog; f. memberikan contoh-contoh yang bertentangan, dan g. mengembangkan hipotesis. Dari ketujuh poin tersebut, data menunjukkan bahwa lima di antaranya, yaitu poin a, b, c, d, dan f telah dipraktikkan. Selain itu, poin e dan g telah dipraktikkan. 2. Unsur-unsur yang memfasilitasi penerapan inkuiri di MI Raudlatul Mubtadiin adalah: a. Ketersediaan prasarana dan sarana pendukung; b. Latar belakang dan lingkungan siswa yang berbeda-beda; c. Dorongan dari para pendidik yang pantang menyerah dalam meningkatkan kemampuannya dalam mendidik peserta didik dan mengisi kesenjangan yang ada; dan d. Antusiasme siswa. Kenikmatan siswa terhadap kegiatan yang diajarkan dan dipelajari.
Downloads
References
Abdillah, Nanang. “Materi Fikih Berbasis ESQ: Studi Implementasi Materi Fikih MTs dan Strategi Pembelajarannya”. Tesis-IAIN Sunan Ampel, Surabaya, 2011.
Adib, M. Kholidul. Fikih Progresif: Membangun Nalar Fiqih Bervisi Kemanusiaan. dalam Jurnal Justisia, Edisi 24 XI, 2003.
Ali, Muhammad Nur. Kamus Agama Islam. Cirebon: Penerbit An-Nizam, 2004.
Arikunto, Suharsimi & Abdul Jabar Cepi S. Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Armain,Arief. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Basuki, Sulisty. Pengantar ilmu perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993.
Bogdan, Robert C. Qualitative Research for Education; an Introduction to Theory and Metods. London: Allyn and Bacon, 2000.
Buna’i. Penelitian Kualitatif. Malang: Perdana Offset, 2008.
Depag RI Direktorat Kelembagaan Agama Islam. Pedoman Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Umum. Jakarta: Depag RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2004.
Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2007
Djajadisastra, Yusuf. Metode-metode Mengajar. Bandung: Angkasa, 1992.
Drost, J. Proses Pembelajaran Sebagai Proses Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia, 1999.
Ibrahim, Bafadal. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Ihsan, Fuad. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 1996.
Jalaluddin,Abdullah Idi. Filsafat Pendidikan: Manusia, Filsafat dan Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2011.
Johnson, Alaine B. Contextual Teaching & Learning, Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung: Mizan Learning Center, 2007.
Khodijah, Nyanyu. Psikologi Pendidikan. Palembang: Grafika Telindo Press, 2011.
Lasa, HS. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Pinus Book Publisher, 2007.
Maimun, Agus. “Strategi Pemanfaatan Sumber Belajar di Pondok Pesantren”. Tesis--IKIP Malang, Malang, 1997.
Mastuhu, Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Logos, 1999.
Medsker, Karen L dan Holdsworth, Kristina M. Models and Strategies for Training Design. About ISPI. Printed in United states of Amirica, 2001.
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2000.
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.
Muhaimin. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: CV Citra media, 1996.
Mujieb, Abdul. Kamus Istilah Fikih. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1994.
Mulyasa. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda Karya, 2005.
Nazir, Moh. Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1999.
Nurhadi & A. G Senduk. Pembelajaran kontekstual (CTL) Dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang, 2004.
Qalyubi, Sihabuddin. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: IPI Fak. Adab UIN SUKA, 2007.
Rahadi, Aristo. Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas, 2003.
Ristanto, Rizal Hendi. “Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Multimedia dan Lingkungan Riil Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Awal: Studi Kasus Materi Pokok Ekositem Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sambungmacan pada Tahun Ajaran 2009/2010”. Tesis--Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2010.
Roestiya. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sahad, A. R. The Rights of Allah and Human Rights. India: Syah Offset Printer, 1987.
Sahromi, Momi. Pengolaan Pembelajaran Biologi. Jakarta: Universitas Terbuka, 1986.
Sanaky, Hujain AH. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba, 2011.
Sanaky,Hujair AH. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2009.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2007.
Slameto. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 1993.
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2008.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Suparman, Atwi. Model-model Pembelajaran Interaktif. Bandung: Lembaga Administrasi Negara, 1997.
Suprijono,A. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Suryabrata, Sumadi. Metodologi penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Tangkas, I Made. “Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMAN 3 Amlapura”. Tesis—Universitas Pendidikan Ganesha,2012.
Trowbridge, Leslie W. Janet Carlson Powell, Rodger W. Bybee, Teaching Secondary School Science: Strategies for Developing Scientific Literacy: 6th Edition. NJ : Merrill, 1996.
Usman, Basyiruddin. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Winataputra, Udin S. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, 2001.
Zuhairini dan Abdul Ghofur. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UM Press, 2004.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.