Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Mata Al Qur’an Hadist Di MI Darun Najah Kwangsan Sedati
DOI:
https://doi.org/10.47400/jiees.v5i1.60Keywords:
Efektifitas, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Mata Al Qur’an Hadist, MI Darun Najah, Kwangsan SedatiAbstract
Dalam proses belajar mengajar, model pembelajaran merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam mentrasfer pengetahuan dari guru kepada siswa. Setidaknya terdapat 6 (enam) karakteristik yang dimiliki oleh pembelajaran kooperatif. Keenam karakteristik Pertama, Tujuan Kelompok, yaitu: jenis-jenis penghargaan yang diberikan kepada setiap kelompok berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Kedua, Tanggung Jawab Individual, yaitu: setiap anggota kelompok memiliki tanggung jawab yang sama dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Ketiga, Kesempatan Sukses Bersama, yaitu: kesamaan hak yang dimiliki oleh setiap anggota kelompok terhadap penghargaan yang diperoleh kelompok. Keempat, Kompetisi Tim, yaitu: kegiatan-kegiatan yang dikerjakan oleh setiap kelompok untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Kelima, Spesialisasi Tugas, yaitu: mendelegasian atau pembagian tugas yang diberikan kepada setiap anggota dalam menyelesaikan tugas kelompok. Keenam, Adaptasi terhadap Kebutuhan Kelompok, yaitu: suatu cara yang dilakukan oleh setiap anggota kelompok untuk mempercepat penyelesaian tugas yang diberikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah (naturalistik). Penelitian ini dilaksanakan di MI Darun Najah Kwangsan Sedati dengan subyek penelitian sebanyak 30 siswa yang diambil dengan random sampling. Dari data yang diperoleh, setelah dilakukan analisis didapatkan untuk pengelolaan kelas dinilai cukup baik karena nilai rata-rata keterampilan guru dalam pengelolaan kelas yang didapat adalah 2,77, untuk aktifitas guru perilaku yang dominan adalah mendorong dan melatih keterampilan siswa. Dan nilai rata-rata aktivitas siswa dalam kelompok belajar adalah 2,78. Dan dari 30 siswa yang menjadi subyek penelitian ini hanya 3 orang siswa yang memberikan respon negatif terhadap pembelajaran. Dengan kata lain hampir 100% dari seluruh siswa telah memberikan respon yang positif terhadap pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TGT. Sedangkan dari 30 siswa pada subyek penelitian ini tidak satupun siswa yang mendapatkan nilai di bawah 60 poin. Dengan kata lain 100% dan dinyatakan telah tuntas belajarnya. Kesimpulannya adalah jika model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament diterapkan pada pembelajaran mata Pelajaran Al qur’an hadist, maka efektifitas pembelajarannya akan meningkat.
Downloads
References
Ahmad, Muhammad Qadir. (2008). Metodologi Pengajaran Agama Islam (Terjemahan). Jakarta: PT Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Depdiknas. (2004). kurikulum 2004 standar kompetensi madrasah tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depdiknas
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. (2006). Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Ibrahim, Muslimin. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press.
Isjoni, H. (2010) cooperative learning efektivitas pembelajaran kelompok. Bandung: Penerbit Alfabeta
Kardi, Suparman. dan Nur, Muhammad. (2003). Pengantar pada Pengajaran dan Pengelolaan Kelas. Surabaya: Unesa University Press
Nur, Muhammad. (2008). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press
Slavin, Robert E. (2010). Cooperatif Learning, Teori, Riset dan Praktik (Terjemahan). Bandung: Penerbit Nusa Media
Sugionyo. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.