Pemanfaatan Moodle Sebagai Salah Satu Alternatif Learning Management System (LMS) Bagi Mahasiswa di IAI Al Khoziny Sidoarjo

Authors

  • Iman Rasiman IAI Al Khoziny Buduran Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47400/jiees.v4i2.64

Keywords:

Pemanfaatan Moodle, Sebagai Alternatif, Learning Management System (LMS), Mahasiswa IAI Al Khoziny Sidoarjo

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pasca covid 19, perkuliahan mengalami transformasi dari luring menjadi daring, dengan adanya media yang bisa memfasilitasi perkuliahan secara daring pasca covid-19, maka bagaimana pemanfaatan Moodle sebagai salah satu alternatif Learning Management System (LMS) bagi mahasiswa di IAI Al Khoziny Sidoarjo?, selama perkuliahan. Adapun jenis penelitian ini kualitatif deksriptif naratif, dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi untuk mendapatkan data dilapangan secara mendalam. Hasil penelitian pasca pandemi covid pemanfaatan Moodle sebagai salah satu platform Learning Management System (LMS) sangat membantu perkuliahan mahasiswa secara daring dengan akses internet, tanpa harus tatap muka (virtual digital) dengan efektivitas waktu bagi mahasiswa yang rumahnya jauh, dan pembelajaran bersifat fleksibel tanpa ada kendala waktu, kondisi jika sinyal internet ada, prangkat media hp serta jaringan yang digunakan tanpa kendala. Adapun perkuliahan menggunakan Moodle untuk alternatif Learning Management System (LMS) Bagi Mahasiswa di IAI Al Khoziny sebagai alternatif pembelajaran interaktif yang mengembangkan sikap aktif, mandiri dan kreatif bagi mahasiswa di IAI Al Khoziny Sidoarjo, dengaan memanfaatan Moodle dilakukan dengan kustomisasi pada perangkat lunak Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) yang berbasiskan open source untuk diaplikasikan dan terintegrasi pada e-Learning kampus untuk kegiatan perkuliahan melalui Learning Management System (LMS) Bagi Mahasiswa di IAI Al Khoziny Sidoarjo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agsera, N., & Adri, M. (2020). Pengembangan Digital Marketing Online Training Berbasis Learning Management System Moodle Bagi Mahasiswa Wirausaha UNP Tingkat partisipasi mahasiswa dalam Program Kewirausahaan Mahasiswa yang dilaksanakan di Universitas Negeri Padang masih rendah , 1 % da. Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 8(4).

Arianti, S. (2020). Pembelajaran Model E-Learning Menggunakan Aplikasi Edmodo Pada Mata Kuliah Kosmografi Mahasiswa Semester Iv Program Studi Pendidikan Geografi. Jurnal Meretas, 7(1), 58–68.

Arifin, M. (2020). Learning Management System ( LMS ) Berbasis Android Era Revolusi Industri 4 . 0 Penunjang Creative Thinking Skill Mathematics Siswa Learning Management System ( Lms ) Based on Android in the Industrial Revolution Era 4 . 0 Supporting. ASNA: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 2(2), 12–27. https://maarifnujateng.or.id/ejournal/index.php/asna/article/view/44

Hansi Effendi, N. D. (2018). LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS CLOUD SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. JTIP; Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(02), 80–84.

Herbimo, W. (2020). Penerapan Aplikasi Moodle Sebagai Salah Satu Model Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 107–113. file:///C:/Users/ilham/Downloads/144-Article Text-467-1-10-20200621.pdf

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/https://doi.org/10. 21009/jtp.v22i1.15286

Ibrahim, A., Samsuryasi, S., Rifai, A., & Utama, Y. (2019). Pelatihan Learning Management System Berbasis E-Learning Bagi Guru Yang Tergabung Dalam MGMP IPS SMP Kabupaten Ogan Ilir Sumatra Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 2(1). https://doi.org/10.36085/jpmbr.v2i1.287

Ilmadi, I., Aden, A., Sastro, G., Rusdiana, Y., & Isnurani, I. (2020). Pelatihan Penggunaan Moodle untuk Mengoptimalkan Pembelajaran secara Online. Jurnal Abdidas, 1(6), 592–596. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.128

Istiyan, N., Nyoto, R. D., & Muhardi, H. (2020). Aplikasi Learning Management System pada Jenjang Madrasah Aliyah. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 8(1), 105. https://doi.org/10.26418/justin.v8i1.38266

Lestari, A. S. (2014). Aplikasi Moodle dalam E-Learning. E-Books Orbit Publishing, 1(1), 1–14.

Muhammad Noor Ahsin, I. F. (2021). PENERAPAN BLENDED LEARNING DENGAN MOODLE DAN MEDIA WEBSITE DALAM PEMBELAJARAN JURNALISTIK DARING. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 3, 44–50. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua

Oktaviani, D. N., Sholikhakh, R. A., & Lestiana, H. T. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kepraktisan Learning Management System (LMS) Moodle Berbasis Teori Behaviorisme. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(3), 307–316. https://doi.org/10.30738/union.v6i3.2932

Paiki, F. F., De Kweldju, A., & Juita, R. (2020). Sistem Manajemen Pembelajaran Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Mahasiswa. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.28932/jutisi.v6i1.1818

Puspithasari, N. N. (2016). Implementasi Data Mining Pada Sistem E-Learning Moodle Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Dengan Menggunakan Algoritma Lvq (Learning Vector Quantization). Laporan Akhir Skripsi, 1(1), 1–94.

Putri, S. N. E. D., Ansori, H., & Kusumawati, E. (2020). Penerapan Media E-Learning Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Teori Peluang di Program Studi Pendidikan Matematika. 89–95. https://repo-dosen.ulm.ac.id/handle/123456789/10559

Rafi, I., Nurjannah, F. F., Fabella, I. R., & Andayani, S. (2020). Peluang dan Tantangan Pengintegrasian Learning Management System (LMS) dalam Pembelajaran Matematika di Indonesia. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 229–248. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.229-248

Rahim, A. S., Maskur, M., & Wicaksono, G. W. (2020). Implementasi Metode Feature-Oriented Software Development (FOSD) Dalam Mengembangkan Learning Management System (LMS). Jurnal Repositor, 2(12), 1612–1622. https://doi.org/10.22219/repositor.v2i12.414

RAY, S. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Menggunakan LMS Moodle pada Teks Laporan Hasil Observasi untuk Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas X SMK Telkom Shandy Putra Medan. Laporan Akhir Tesis, 3(1), 1–2. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Samsudin, M., & Ni Nyoman Utami, J. (2019). Pengembangan Pembelajaran E-learning Dengan Moodle (Modulator Object-Oriented Dynamic Learning Environment). Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 14(1), 1–8. https://doi.org/10.30864/jsi.v14i1.210

Sanova, A. (2018). Aplikasi Learning Management System (LMS) pada Pengembangan Modul Elektronik Materi Atmosfer Bumi Menggunakan 3D Pageflip Professional. Journal The Indonesia Society of Integrated Chemistry, 10(2), 34–41.

Setiawan, T. H., & Aden. (2020). Efektifitas Penerapan Blended Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Akademik Mahasiswa Melalui Jejaring Schoology Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3(5), 493–506. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.493-506

Soraya, Linda Suherma, & S. Z. (2020). Pemanfaatan E-Learning Berbasis Moodle Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pengantar Akuntansi I. Jurnal Eksos, 16(1), 73–83.

Verawati, H. (2020). Penerapan Learning Management System Dan Blended Learning Sebagai Alternatif Model Merdeka Belajar Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pembelajaran Agama Kristen. Shift Key : Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 10(2), 135–146. https://doi.org/10.37465/shiftkey.v10i2.84

Wijayanti, N., Wahyuningsih, D., & Rahardjo, D. T. (2020). Pengembangan E-Modul Praktikum Listrik Magnet pada LMS Moodle di Laman Spada UNS dengan Model Inkuiri Terbimbing untuk Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 10(2), 110. https://doi.org/10.20961/jmpf.v10i2.54347

Inovasi di kala Pandemi, Moodlecloud.id – Learning Management System for Indonesia (ONLINE), (https://iconews.iconpln.co.id/inovasi-di-kala-pandemi-moodlecloud-id-learning-management-system-for-indonesia/ diakases 23/09/2023)

Free / Open Source Learning Management System (LMS) Terbaik, 10 March 2015 (ONLINE), (https://bpptik.kominfo.go.id/index.php/Publikasi/detail/12-free-open-source-learning-management-system-lms-terbaik#:~:text=Moodle%20adalah%20perangkat%20lunak%20LMS,agar%20sesuai%20dengan%20kebutuhan%20Anda.diakases 23/09/2023)

Apa Itu E learning? Yuk, Cari Tahu Selangkapnya, April 20, 2020, (ONLINE), (https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/school-life/apa-itu-elearning/ diakases 23/09/2023)

Kelebihan dan Kekurangan Moodle serta Fitur di Dalamnya (ONLINE), (https://jagoancloud.com/blog/kelebihan-kekurangan-moodle/ diakases 23/09/2023)

Published

2023-12-12

How to Cite

Rasiman, I. (2023). Pemanfaatan Moodle Sebagai Salah Satu Alternatif Learning Management System (LMS) Bagi Mahasiswa di IAI Al Khoziny Sidoarjo. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 4(2), 68-81. https://doi.org/10.47400/jiees.v4i2.64