Implementasi Metode PQ4R dalam Meningkatan Pemahaman Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS di MI An Nur Junwangi Sidoarjo

Authors

  • Abd. Malik Dachlan Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman Al-Hakim (STAIL) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.47400/jiees.v4i2.65

Keywords:

Implementasi Metode, PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review), Meningkatan Pemahaman, Pelajaran IPS, Siswa Kelas V, MI An Nur Junwangi Sidoarjo

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan sebagai respons terhadap rendahnya pemahaman siswa mengenai materi jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia yang diajarkan oleh guru kepada kelas V di MI An Nur. Hasil observasi menunjukkan bahwa banyak siswa tidak mencapai nilai ketuntasan belajar minimal (KKM) yang ditetapkan untuk mata pelajaran IPS, yaitu 75. Namun, dari total 26 siswa, hanya 30,7% yang berhasil mencapai KKM, sedangkan sisanya, sekitar 69,3%, masih belum mencapai standar tersebut. Guru belum berhasil menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan nyaman, sehingga siswa merasa bahwa mata pelajaran IPS kurang menarik dan tidak memiliki makna. Hal ini mengakibatkan kurangnya perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan, menghambat efektivitas proses belajar mengajar. Untuk mengatasi permasalahan ini, metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) diterapkan sebagai solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penerapan metode PQ4R dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia dalam mata pelajaran IPS di kelas V MI An Nur. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus Kurt Lewin yang mencakup empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode PQ4R dapat dikategori baik. Terjadi peningkatan dalam aktivitas guru dan siswa, dengan persentase guru meningkat dari 82,6% (siklus I) menjadi 91,3% (siklus II). Sementara siswa juga mengalami peningkatan aktivitas dari 80,4% (siklus I) menjadi 90,4% (siklus II). Tingkat ketuntasan belajar meningkat dari 77% (siklus I) menjadi 92% (siklus II), dan rata-rata nilai siswa meningkat dari 79,4 (siklus I) menjadi 89,4 (siklus II). Dari data tersebut dapat disimpulkan penerapan metode PQ4R efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di MI An Nur Junwangi Sidoarjo

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alzikri. (2019). PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN PKN MELALUI STRATEGI PQ4R PADA SISWA V SD NEGERI 34 BABUSSALAM. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(01), 448–459.

ARIYUNITA, N. (2012). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X.A SMA NEGERI 1 KARTASURA SEMESTER II PADA POKOK BAHASAN “EKOSISTEM” TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi, 01(01), 1–7.

Astuti, N. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (PQ4R). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–13. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/65750/Peningkatan-Keterampilan-Membaca-Pemahaman-Cerita-Bima-Bungkus-melalui-Strategi-Pq4r-Preview-Question-Read-Reflect-Recite-Review-dengan-Media-Powerpoint-Pada-Siswa-Kelas-X-MIPA-3-SMA-Negeri-3-Boyolali-Tahun-A

Ayu, S. N. (2019). PENERAPAN METODE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Laporan Skripsi, 01(01), 1–7.

AZMIYAH, U. (2011). PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE PQ4R BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA. Laporan Skripsi, 01(01), 1–74.

Fitriani, Y. A., & Salem, L. (2012). METODE PQ4R UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA PARAGRAF PADA SISWA MTs KELAS VII. Jurnal Pendidikan, 1(01), 1–6.

Kismarani Anisa, Laurensius Salem, S. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMAHAMI BACAAN MENGGUNAKAN METODE PQ4R PADA SISWA VIII A SMP NEGERI 13 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Linayaningsih, F. (2011). Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Majalah Ilmiah INFORMATIKA, 02(2002), 75–86.

MEILITASARI. (2015). PENERAPANMETODE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) UNTUKMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAANMANUSIA KELAS VIII D SMP NEGERI 1 JAWAI KABUPATEN SAMBAS. SKRIPSI, 01(O1), 10–17. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886

Nurhayati, A. (2013). Efektivitas Metode Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Terhadap Pemahaman Konsep Tentang Uang dan Perbankan” (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Singaparna ). Skripsi, 01(01), 1–2.

Rizal Miftakhul Khoirudin, E. S. (2016). Pengembangan Modul Berbasis PQ4R (Preview,Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada Materi Animalia Kelas X -Mipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Sri Hartati, H. R. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ipa Melalui Strategi Belajar Pq4R Berbantuan Media Powerpoint. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 6(1), 35. https://doi.org/10.21580/phen.2016.6.1.943

Sudiana, N., & Lasmawan, W. (2017). PENGARUH PEMBELAJARAN MEMBACA DENGAN METODE PQ4R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN VERBAL SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN PAYANGAN. PENDASI:Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 12–22.

Taseman. (2020). Pemanfaatan Media Visual Pada Pembelajaran IPS Di MI Darul Mutaallimin Sidoarjo. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 86–97.

Wahyuningsih, A. N. (2012). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERGAMBAR MATERI SISTEM SARAF UNTUK PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN STRATEGI PQ4R. Journal of Innovative Science Education, 1(1).

Yani, L. D. H. (2013). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIIIB SMP KANISIUS KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA PADA MATERI “SISTEM PENCERNAAN MANUSIA” MELALUI METODE PQ4R. Jurnal Pendidikan, 01(01), 1–10.

Published

2023-12-12

How to Cite

Abd. Malik Dachlan. (2023). Implementasi Metode PQ4R dalam Meningkatan Pemahaman Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS di MI An Nur Junwangi Sidoarjo. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 4(2), 167-176. https://doi.org/10.47400/jiees.v4i2.65