Implementasi Penggunaan Metode Think Pair and Share dalam Menumbuhkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SDN Bligo Candi Sidoarjo

Authors

  • Nur Fatimatuz Zahro IAI Al Khoziny Buduran Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47400/jiees.v4i2.67

Keywords:

Implementasi, Metode Think Pair and Share, Prestasi Belajar Siswa, Mata Pelajaran PAI, SDN Bligo Candi Sidoarjo

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) sebagai alternatif dalam menumbuhkan prestas belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN Bligo Candi Sidoarjo, karena selama ini pembelajaran masih menggunakan metode konfensional serta butuh afirmasi dalam menggunakan model pembelajaran koopratif sesuai dengan perubahan kurikulum, adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Implementasi Penggunaan Metode Think Pair and Share dalam Menumbuhkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SDN Bligo Candi Sidoarjo?, metode penelitian kualitatif deskriptif naratif yang bertujuan menjelaskan bagaimana penggunaan metode Think Pair and Share dalam Menumbuhkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SDN Bligo Candi, melalui obesrvasi, tanya jawab serta hasil belajar, hasil penelitian dan pembahasan yang didapatkan, bahwa implementasi penggunaan Metode Think Pair and Share dalam Menumbuhkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SDN Bligo Candi Sidoarjo yang baik dengan didukung pelaksanaan metode Metode Think Pair and Share (TPS) yang menjadikan siswa semakin antusias belajar, serta nilai hasil belajar semakin baik dan pembelajaran semakin menarik serta menjadi hidup sesuai dengan metode yang dipilih, guru melaksanakan pembelajaran sesuai RPP dan sekenario pembelajaran berjalan maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, & Khofifuddin. (2019). Implementasi metode pembelajaran kooperatif model Think Pair Shaare (TPS) untuk menumbuhkan hasil belajar siswa. Jurnal Pedagogik, 06(01), 99–122. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik

Bobo, P. S. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Menumbuhkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 49. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.82

DINA, I. F. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMAN 2 BANDAR LAMPUNG. Laporan Akhir Skripsi, 1(1), 1–100.

Dinaqi, A. A. N., Rakhmat, C., & Nugraha, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Think, Pair, and Share Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri I Bojonggambir. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 2(2), 80. https://doi.org/10.20961/shes.v2i2.38549

Fahrozi, M. (2018). Penerapan Metode Think Pair Share (TPS) Dalam Menumbuhkan Hasil Belajar IPA kelas VI Di MI Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung. Laporan Akhir Skripsi, 1(1), 1–116.

Fransiska, F., Maizora, S., & Yensy, N. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Menumbuhkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), 383–393. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.383-393

Hidayah, F. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Menumbuhkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtidaiyyah. Studi Arab, 10(1), 39–56. https://doi.org/10.35891/sa.v10i1.1766

Khaulah, S., & Novianti, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Berbasis E-Learning Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 61–68. https://doi.org/10.32505/v3i2.1366

Kurniawan, H. R., Elmunsyah, H., & Muladi, M. (2018). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Think Pair Share (TPS) Berbantuan Modul Ajar Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Rancang Bangun Jaringan. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(2), 80. https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p80-85

Meiharty, F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Memperbaiki Proses Pembelajaran Dan Menumbuhkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Negeri 21 Balai Makam Kecamatan Mandau. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 312. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6276

MUHARAM, G. R. (2020). PENGGUNAAN TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DALAM MENUMBUHKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VII SMP N 3 BATANG HARI LAMPUNG TIMUR TAHUN 2019/2020. Laporan Akhir Skripsi, 1(1), 1–174.

Muswaroh, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Puzzle Untuk Menumbuhkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sdn Soge Kandanghaur Indramayu. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 674. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p674-685

Pandi, D. O., Yogaswara, R., & Murtihapsari, M. (2020). Kajian Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2), 105. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i2.8685

Puspitasari, S. (2019). UPAYA MENUMBUHKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE. Jurnal Global Edukas, 3(1), 55–60.

Sariayu, M. R., & Miaz, Y. (2020). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Think Pair Share di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 295–305. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.337

WATI, N. K. (2020). PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) DI MAS BUSTAANUL ULUUM PERKEBUNAN TELUK DALAM KAB. ASAHAN TP. 2019-2020. Laporan Akhir Skripsi, 1(1), 1–172.

Admin SMAN 2 Sekayu, PEMBELAJARAN MENYENANGKAN MELALUI METODE THINK-PAIR- SHARE, Apr 25, 2021 (online), (https://www.sman2sekayu.sch.id/pembelajaran-menyenangkan-melalui-think-pair-share.html diakses 25/09/2023).

Published

2023-12-12

How to Cite

Nur Fatimatuz Zahro. (2023). Implementasi Penggunaan Metode Think Pair and Share dalam Menumbuhkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SDN Bligo Candi Sidoarjo. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 4(2), 82-93. https://doi.org/10.47400/jiees.v4i2.67