Implementasi Kurikulum Merdeka di Masa Post-Pandemi Pada Kelas I dan IV Sekolah Dasar Islam Al-Ishlah Sidoarjo

Authors

  • Moh. Anang Abidin Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Nur Lailyanna Bisri IAI Al Khoziny Buduran Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47400/jiees.v5i1.68

Keywords:

Implementasi, Kurikulum Merdeka, Masa Post-Pandemi, Kelas I dan IV, Sekolah Dasar Islam Al-Ishlah Sidoarjo

Abstract

Era revolusi industri 4.0 memiliki tantangan sekaligus peluang yang sama besarnya bagi lembaga pendidikan. Untuk menuju ke arah kemajuan dan perberkembangan, lembaga pendidikan harus memiliki daya inovasi, kreatif, dan adaptif terhadap perubahan zaman dan untuk itulah kurikulum merdeka hadir sebagai tawaran solusi dinamika diatas. Implementasi kurikulum merdeka sudah dilaksanakan di sekolah-sekolah di Indonesia pada tahun  ajaran 2022/2023 sebagaimana juga telah diterapkan oleh Sekolah dasar Islam Al-Ishlah Krembung Sidoarjo. Penelitian ini mengkaji tetaang implementasi kurikulum merdeka di lembaga tersebut, baik dari segi penerapan dan hambatan apa yang dihadapi serta cara sekolah mengatasi hambatan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif.      Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil dari penelitian  ini yaitu Sekolah Dasar Islam Al-Ishlah Krembung Sidoarjo sudah mengimplementasikan kurikulum merdeka dalam hal asesemen diagnostik kognitif, pembuatan modul ajar, dan pelaksanaan pembelajaran IPAS sesuai dengan pedoman pelaksanaan kurikulum merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Angga and S. Iskandar, “Kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan merdeka belajar di sekolah dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 5295–5301, 2022, [Online]. Available: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2918.

A. R. Hamdani and A. Priatna, “Efektifitas implementasi pembelajaran daring (full online) dimasa pandemi covid-19 pada jenjang sekolah dasar di Kabupaten Subang,” Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 6, no. 1, pp. 1–9, 2020, [Online]. Available:

Evy Ramadina. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Mozaic Islam Nusantara, 7(2).

O. Hamalik, Managemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosdakarya, 2017.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. 2022.

D. Rahmadayanti and A. Hartoyo, “Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 2247–2255, 2022, [Online]. Available: https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3431.

S. W. Nasution, “Assesment kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar,” in Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2021, vol. 1, no. 1, pp. 135–142, doi: 10.34007/ppd.v1i1.181.

Y. Anggraena et al., Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta, 2022.

N. Fauziyah, “Dampak covid-19 terhadap efektivitas pembelajaran daring pendidikan Islam,” J. Al-Mau’izhoh, vol. 2, no. 2, pp. 1–11, 2020, [Online]. Available: https://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/am/article/view/2294.

A. T. Daga, “Makna merdeka belajar dan penguatan peran guru di sekolah dasar,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 7, no. 3, pp. 1075–1090, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/1279.

M. Mustofa and P. Mariati, “Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar: dari teori ke praktis,” Indones. Berdaya, vol. 4, no. 1, pp. 13–18, 2022, [Online]. Available: https://www.ukinstitute.org/journals/ib/article/view/371.

S. Ineu, M. Teni, H. Yadi, H. H. Asep, and P. Prihantini, “Analisis implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak,” J. basicedu, vol. 6, no. 5, pp. 8248– 8258, 2022, doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216.

Hidayani, M. (2018). Model Pengembangan Kurikulum. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 16(2),375. https://doi.org/10.29300/attalim.v16i2.845.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, Dwinggo Samala, A., Rahman Riyanda, A., & Hendri Adi, N. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4, 3011–3024. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Kamiludin, K., & Suryaman, M. (2017). Problematika pada pelaksanaan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8391

Kemdikbud. (2021a). Merdeka Belajar Episode 1. Www.Merdekabelajar.Kemdikbud.Go.Id

Y. Anggraena et al., Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2021.

Published

2024-06-30

How to Cite

Moh. Anang Abidin, & Nur Lailyanna Bisri. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di Masa Post-Pandemi Pada Kelas I dan IV Sekolah Dasar Islam Al-Ishlah Sidoarjo. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 5(1), 99-112. https://doi.org/10.47400/jiees.v5i1.68

Issue

Section

Articles