Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Dalam Pengembangan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD 092 Muhammadiyah Jarai

Authors

  • Engga Monika Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Kota Pagar Alam, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47400/jiees.v5i1.77

Keywords:

Pendekatan Pembelajaran, Kontekstual, Pengembangan Keterampilan Menulis, Pembelajaran Bahasa Indonesia, SD 092 Muhammadiyah Jarai

Abstract

Pembelajaran Kontekstual yaitu pembelajaran yang difokuskan kepada konstribusi siswa, memungkinkan mereka mendapatkan materi pembelajaran dan menjalin hubungan dengan situasi praktis. Pendekatan ini mendorong pengembangan keterampilan praktis siswa. Di SD 092 Muhammadiyah Jarai, tujuan utama penelitian ini adalah untuk memastikan bagaimana pendekatan kontekstual mempengaruhi kapasitas siswa dalam berekspresi tertulis. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif. Tiga puluh siswa berperan sebagai responden untuk penelitian ini. Data penelitian dilakukan analisis regresi langsung dengan bantuan IBM SPSS Statistics Version 23. Pengaruh signifikan dan positif pendekatan kontekstual terhadap kemampuan menulis siswa SD 092 Muhammadiyah Jarai terungkap dari temuan penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badarudin, (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi melalui Metode Tanya Jawab dengan Menggunakan Media Gambar Seri di Kelas IV MI Ma’arif NU Lamuk Purbalingga (Skripsi, Universitas NU).

Budiastuti. (2014). Peningkatan Motivasi Dan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada siswa Sekolah Dasar (Skripsi, Universitas Sebelas Maret Surakarta).

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis, Jarkata: Rajawali Pers. Huda Miftahul. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Fatmawati, Dede. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Pembelajaran Kontekstual Kelas Iv Sdn Sukabumi Utaran 04 Pagi (Skripsi, Universitas Esa Unggul Jakarta).

Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. 6(3), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Indah, Rahajo. (2013). Kemampuan Menulis Puisi Melalui Pendekatan Kontekstual Anak Tunadaksa Kelas XI SMALB (Skripsi, Universitas Negeri Surabaya).

Krissandi, dkk. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sd Bekasi, Jawa Barat: Media_maxima.

Subhi, Imam, dkk. (2023). Metode Penelitian, Palembang: NoerFikri.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kualitatif, kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas (Implementasi dan Pemahamannya), Jakarta: PT Bumi Aksara.

Taringan. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: CV Angkasa.

Published

2024-06-30

How to Cite

Engga Monika. (2024). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Dalam Pengembangan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD 092 Muhammadiyah Jarai. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 5(1), 9-15. https://doi.org/10.47400/jiees.v5i1.77

Issue

Section

Articles