Strategi Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Purwantoro 1 Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.47400/jiees.v5i1.78Keywords:
Strategi, Pengembangan Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, SDN Purwantoro 1, Kota MalangAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan strategi pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam di di SDN Purwantoro 1 Kota Malang. Mengingat Keberadaan pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar Kota Malang belum banyak mengubah suatu keadaan. Ini disebabkan karena terjadinya sistem dikotomi pendidikan, dimana pelajaran umum dianggap lebih utama dibanding Pendidikan Agama Islam. kalaupun kompetensi dan potensi guru Pendidikan Agama Islam itu memadai, terkadang kehilangan nyalinya untuk bisa mengembangkan strateginya dalam menyampaikan Pendidikan Agama Islam di sekolah. Berkaitan dengan hal tersebut, didalam pembahasan penelitian ini akan di bahas tentang profil pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Purwantoro 1 Kota Malang, dan upaya yang dilakukan sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama di SDN tersebut.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yaitu nilai dari perubahan-perubahan yang tidak dapat dinyatakan dalam angka-angka. Dimana pendekatan ini digunakan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN Purwantoro 1 Kota Malang. Sedangkan temuan dari penelitian ini adalah pembelajaran agama Islam disampaikan secara integral, didukung dengan muatan lokal dan pembelajaran di dalam kelas dengan menggunakan metode campuran
Downloads
References
Agus, F. (2014). Urgensi Pendidikan Nilai Untuk Memecahkan Problematika Nilai Dalam Konteks Pendidikan Persekolahan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta'lim, 79-96.
Ahmad, H. (2017). Memahami PAI Melalui Program Adiwiyata (Cinta Lingkungan) di SMPN 2 Lamongan. Jurnal JALIE, 259.
Hartati, & Sri, A. (2015). Dinamika Pembelajaran Pendidikan agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar. Cendekia: Jurnal Kependidikan Agama Islam (PAI), 78-87.
Kosim, N. (2015). Pengembangan dan Aplikasi Pembelajaran PAI di SD. Qathruna, 42-121.
Muhaimin. (2022). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nugraha, S., & Supriyadi, U. (2014). Pembelajaran PAI Berbasis Media digital. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta'lim, 55-67.
Rizal, a., & Syamsu. (2014). Perumusan Tujuan Sebagai Basis Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta'lim, 22-33.
Sari, L. (2019). Evaluasi dalam Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah, 211-221.
Shunhaji, A. (2019). Agama dalam Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Andragogi: Jurnal Pendidikan agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1-22.
Sony, S. (2004). Metode Riset Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmia.
Tang, M. (2018). Pengembangan Srategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Merespon era Digital. Fikrotuna, 17-42.
Usman, M. U. (1995). Menjadi guriu Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.