Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Melalui Penerapan Zero Waste di SD Alam Karawang
DOI:
https://doi.org/10.47400/jiees.v5i1.79Keywords:
Meningkatkan, Sikap Peduli Lingkungan, Peserta Didik, Penerapan Zero Waste, SD Alam KarawangAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya sampah yang menumpuk dan tidak terkelola sehingga menimbulkan berbagai permasalahan SD Alam Karawang dipilih menjadi lokasi penelitian karena salah satu sekolah di Karawang yang menerapkan sistem pengelolaan sampah menggunakan prinsip Zero Waste. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui bagaimana penerapan Zero Waste di SD Alam Karawang dapat meningkatkan sikap peduli peserta didik dengan menggunakan metode kualitatif naturalistik untuk menjelaskan fenomena yang terjadi pada objek penelitian. Hasil yang didapatkan bahwa SD Alam Karawang telah menerapkan Zero Waste yakni Reuse dengan tidak menggunakan styrofoam, Reduce denga mengurangi sampah plastik, Reuse dengan membawa wadah makanan dan minuman dari rumah, Recycle dengan membuat karya daur ulang, Rot dengan belajar membuat pupuk. Kesimpulan yang didapatkan bahwa Zero Waste teraktualisasikan dalam berbagai kebijakan dan kegiatan yang melibatkan warga sekolah baik peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan, pertugas kantin Sehingga terbentuk suatu kebiasaan positif dan meningkat sikap peduli lingkungan dalam diri peserta didik.
Downloads
References
Abednego, I. A., Putri, E., Choiroti, N., Aprilia, V., & Kunci, K. (2021). Prinsip Zero Waste dalam Pengelolaan Lingkungan di Kampung Kota (Studi Kasus: Kampung Darmorejo) . Jurnal Planoeart, 64–72.
Fuseini, I., & Kemp, J. (2016). Characterising urban growth in Tamale, Ghana: An analysis of urban governance response in infrastructure and service provision. Habitat International, 56, 109–123. https://doi.org/10.1016/j.habitatint.2016.05.002
Lestari, S., Astuti, Y., & Suciati, R. (2021). Konsep Zero Waste Di Sekolah: Pengolahan Sisa Organik Rumah Tangga Sebagai Sumber Panganan Alternatif. 5(5). https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5637
Lumuan, L. S. I., wantu, A., & Hamim, U. (2023). Peran Guru PPKN Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Peserta Didik di SMP Negeri 1 Banggai Tengah Kabupaten Banggai Laut. JRPP, 6(2), 210–220.
Maryati, M. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter Di Sma Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah Kota Sukabumi. Jurnal Wahana Karya Ilmiah, 3.
Murphy, S., & Pincetl, S. (2013). Zero waste in Los Angeles: Is the emperor wearing any clothes? Resources, Conservation and Recycling, 81, 40–51. https://doi.org/10.1016/j.resconrec.2013.09.012
Mustaqmah, S. A., Rachman, A., Rukhmana, T., Widyawati, A., Weraman, P., & Kesek, M. N. (2023). Peningkatan Sikap Positif Mahasiswa Melalui Pendidikan Karakter Di Universitas. JRPP, 6(3), 697–703. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17924
Prajati, G., & Darwin, D. (2018). Analisis Perilaku Komponen Sekolah terhadap Penerapan Program Zero Waste di Sekolah. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 6(2), 192–196. https://doi.org/10.29313/ethos.v6i2.2859
Rada, E., Bresciani, C., Girelli, E., Ragazzi, M., Schiavon, M., & Torretta, V. (2016). Analysis and Measures to Improve Waste Management in Schools. Sustainability, 8(9), 840. https://doi.org/10.3390/su8090840
Rahmat, H. K., Pernanda, S., Hasanah, M., Muzaki, A., Nurmalasari, E., & Rusdi, L. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning Guna Membentuk Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 109. https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2231
Rahmawati, C., Nopitasari, B. L., Mardiyah WD, S., Wardani, A. K., & Nurbaety, B. (2020). Penyuluhan Pengelolaan Sampah Plastik Menuju “Zero Waste Kampus Ummat.” Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 196. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i2.1689
Rarastry, A. D. (2016). Kontribusi Sampah Terhadap Pemanasan Global (T. B. L. Sony, Ed.). Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
Siti Ma Rifatul Munawaroh, Astuti Darmiyanti, & Nida’ul Munafiah. (2023). Peran Guru Dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Di RA Al-Hidayah. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 18–23. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol5.no1.a6547
Song, Q., Li, J., & Zeng, X. (2015). Minimizing the increasing solid waste through zero waste strategy. Journal of Cleaner Production, 104, 199–210. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2014.08.027
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami, Ed.; 3rd ed.). Alfabeta.
Widodo, W., & Sunarti, S. (2019). Pola Perkembangan Perumahan Di Kota Surakarta. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 15(4), 288. https://doi.org/10.14710/pwk.v15i4.21984
Zaman, A. U., & Lehmann, S. (2013). The zero waste index: a performance measurement tool for waste management systems in a ‘zero waste city.’ Journal of Cleaner Production, 50, 123–132. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2012.11.041
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.