Tantangan Dan Miskonsepsi Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar; Urgensi Pembaruan Materi Kurikulum

Authors

  • Waluyo Satrio Adji UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Indonesia
  • Abdul Bashith UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47400/jiees.v5i1.80

Keywords:

Tantangan, Miskonsepsi, Pembelajaran IPS, Sekolah Dasar Islam Al-Ishlah, Urgensi Pembaruan Materi Kurikulum

Abstract

Kurikulum IPS sering kali menghadapi tantangan dalam menyampaikan informasi yang akurat dan relevan kepada siswa, menyebabkan miskonsepsi yang mempengaruhi pemahaman mereka. Tujuan Penelitian ini pertama, untuk mengoreksi miskonsepsi yang ada pada materi globalisasi dan keberagaman budaya. Kedua, rekomendasi pembaruan materi materi yang diajarkan sesuai dengan kebutuhan dan tantangan zaman. Penelitian ini merupakan studi pustaka (library research). Analisis data dalam penelitian studi pustaka ini dilakukan melalui tahapan berikut; 1). Kategorisasi Data 2). Sintesisi Data 3). Evaluasi Kritis 4). Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh pertama, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar kelas VI menemui materi miskonsepsi dan konten kurikulum yang salah seperti pada topik globalisasi dan keberagaman budaya. Pada materi globalisasi ditemui materi globalisasi yang berfokus aspek ekonomi dan menampilkan manfaat positif  globalisasi. Sedangkan pada materi keberagaman budaya terdapat penyederhanaan materi yang hanya menampilan pengertian dan pengenalan budaya tanpa mengetahui asal usul budaya tersebut. Selanjutnya tampilan tentang menghargai budaya lain minim. Kedua, Revisi kurikulum diperlukan pada materi globalisasi yaitu menambah dimensi sosial, budaya, efek negatif dan kemajuan teknologi digital. Pada materi keragaman budaya dapat menambahkan materi menghargai keragaman budaya lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adji, W. S., Ansari, M. I., Bashith, A., & Albar, M. (2021). ANALISIS KELAYAKAN VIDEO PEMBELAJARAN IPS JENJANG MI/SD DI PLATFORM YOUTUBE PADA MATERI KERAGAMAN AGAMA DI INDONESIA. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 57. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i2.4362

Amaruddin, H. (2023). Ilmu Pengetahuan Sosial: Problematika dan Solusinya. PRIMER: Journal of Primary Education Research, 1(1), 24–33.

Anggraini, F. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas VII di SMP Al-Islamiyah Teja Barat Pamekasan. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

Fattahillah, A., Irfan, D. S., Firjatullah, G., Pangaribuan, I. M., Baga, M., & Simanjorang, F. (2023). Globalisasi dan Lingkungan Ekonomi di Indonesia: Sebuah Analisis Tentang Dampak dan Tren. JURMA: Jurnal Riset Manajemen, 1(2), 30–40.

Indrapangastuti, D. (2014). PRAKTEK DAN PROBLEMATIK PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMK. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1). https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2614

Laily, S. (2023). Persepsi dan Pengalaman Siswa di MI Ma’arif NU Penaruban dalam Memahami Manfaat Pembelajaran IPS dalam Lingkungan Sekolah dan Masyarakat. Jurnal Kependidikan, 11(2), 185–198. https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.8506

Mahemi, A. S., Cipta, N. H., & Rokmanah, S. (2023). Pentingnya Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Sebagai Faktor Pendukung dalam Pembentukan Karakter Siswa Sejak Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 24647–24653.

Rahmatih, A. N., Indraswati, D., Jiwandono, I. S., & Nisa, K. (2023). DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR DENGAN THREE TIER MULTIPLE CHOICE UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA SISWA KELAS V. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1132–1146. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1481

Sibarani, J., Kurnia, T., & Purba, B. (2023). Tantangan Etika Dalam Globalisasi Ekonomi: Perspektif Keadilan Sosial. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(11), 236–245. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/1163/1225

Siska, Y. (2018). Pembelajaran IPS di SD/MI. Garudhawaca. https://books.google.co.id/books?id=WN9MDwAAQBAJ

Sudrajat, R., & Kumalasari, D. (2023). TRANSFORMASI SOCIAL SCIENCES PADA KURIKULUM NASIONAL ( Studi Historis Mapel IPS Jenjang SD , SMP , dan SMA). Jurnal Ilmiah CIVIS, XII(2), 71–86.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (mixed Methods). In Alfabet.

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di SD. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=HBZNDwAAQBAJ

Susilowati, A. (2022). Kesulitan belajar IPS pada siswa sekolah dasar. Jipsindo (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) , 9(1), 31–43. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo/article/view/47123

Published

2024-06-30

How to Cite

Waluyo Satrio Adji, & Abdul Bashith. (2024). Tantangan Dan Miskonsepsi Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar; Urgensi Pembaruan Materi Kurikulum. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 5(1), 93-98. https://doi.org/10.47400/jiees.v5i1.80

Issue

Section

Articles