Efektivitas Pemanfaatan ICT Dalam Mendukung Perkuliahan TIK Mahasiswa Prodi PGMI IAI Al Khoziny Sidoarjo

Authors

  • Iman Rasiman

DOI:

https://doi.org/10.47400/jiees.v5i1.81

Keywords:

Efektivitas, Pemanfaatan ICT, Mahasiswa Prodi PGMI, Mahasiswa IAI Al Khoziny Sidoarjo

Abstract

Penggunaan & pemanfaatan ICT untuk mendukung perkuliahan TIK mahasiswa PGMI IAI Al Khoziny sangat membantu, karena sekarang ini pembelajaran tidak lepas dari ICT yang dapat mendukung mahasiswa ketika mendapatkan tugas kuliah yang diberikan, sehingga perlu mengkaji bagaimana efektivitas pemanfaatan ICT pada perkuliahan TIK mahasiswa PGMI IAI Al Khoziny Sidoarjo?. Adapun jenis penelitian ini kualitatif deskriptif naratif yang diambil dari data observasi, studi pustaka pendukung dari jurnal, buku, analisis visual dari sumber lisan dan tulisan dan data hasil penelitian terdahulu terkait efektivitas pemanfaatan ICT dalam perkuliahan. Hasil penelitian bahwa dengan Pemanfaatan ICT dalam Mendukung Perkuliahan TIK Mahasiswa Prodi PGMI IAI Al Khoziny Sidoarjo sangatlah efektif dengan adanya manfaat penggunakaan ICT dalam perkuliahan untuk mempermudah mahasiswa menerima & mengakses materi dengan penggunaan materi PPT, LCD, dan E-Learning melalui Google Classroom, Noodle yang dimanfaatkan, selain itu mempermuda akses dalam pembelajaran yang dapat di dukung penggunaan akses Whatshaap group serta media pembelajaran berbasis digital YouTube, dll. Selain itu pemanfaatan dan Penggunaan ICT dalam pembelajaran sebagai tutorial, eksplorasi, alat aplikasi, dan komunikasi, dalam ICT tidak hanya komputer tapi ada internet, telepon, televisi, radio dan audiovisual dll yang dapat dijadikan sebagai alat pembelajaran yang mendukung perkuliahan TIK.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Gafur, H. D. S. &. (2010). Potensi Pemanfaatan Ict Untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran Sma Di Kota Yogyakarta. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 161–175. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.337

Anggota Proceeding. (2019). INTERNATIONAL CONFERENCE ON ISLAM AND CIVILIZATIONS (ICIC) ة ﺎﻀ??ا و مﻼﺳﻹا ﻦﻋ ??وﺪﻟا ﺮﻤﺗﺆﳌا ر “ Reformulating Models of Religiosity in the Era of Industry Revolution 4.0 “ (Issue Icic). http://seminars.unj.ac.id/icic/

Anggraeni, D., Az Zahra, L., & Shoheh, R. A. (2020). Pembelajaran Blended Learning Berbasis Schoology Pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 7(1), 56–69. https://doi.org/10.17509/t.v7i1.21735

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 1(1), 88–100.

AYU PARAWANTI. (2019). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARIBYAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PAREPARE. Laporan Akhir S, 1(1), 1–141.

Budi, M. (2012). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika FKIP, 1–19.

Halia. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kemampuan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK di MTs Negeri Pinrang. Laporan Akhir Skripsi, 1(1), 1–156. http://repository.iainpare.ac.id/1044/1/17.0211.009.pdf

Hamidah Suryani Lukman, A. S. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STATISTIKA TERAPAN BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) TERINTEGRASI PROYEK. LAPORAN AKHIR TAHUN PENELITIAN DOSEN PEMULA, 1(1), 1–114.

Husain, C. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184–192. http://physicsmaster.orgfree.com/Artikel %26 Jurnal/Inovasi Dalam Pendidikan/Teknologi Komunikasi.pdf

Kintoko, & Utami, N. W. (2019). Bahan Ajar Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT.

Kusmana, A. (2016). E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal E-LEARNING Dalam PEMBELAJARAN, 01(01), 35–51.

Lestari, A., Suryadi, A., & Ismail, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Model Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik. Jurnal Petik, 6(1), 18–26. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i1.729

NUR KAMILAH. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB BUILDER 12 TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 PINRANG. Laporan Akhir Skripsi, 1(1), 1–91.

Pandi, A. (2016). Implementasi Pembelajaran Berbasis Ict (Information, Communication and Tecnology) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di Sma Perintis 2 Bandar Lampung. Laporan Akhir S, 1(1), 1–128. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Purnamasari, I., & Utami, S. (2019). Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Penerapan Problem Based Learning Berbasis Blended Learning (Pbl-Bl) Pada Mata Kuliah Biologi SEL. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS IV, 15(08), 118–125. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/simbiosis/article/view/1339

Purnomo, W. (2008). Pembelajaran Berbasis ICT. Pembelajaran Berbasis ICT, 1–8. http://physicsmaster.orgfree.com/Artikel & Jurnal/Inovasi Dalam Pendidikan/pembelajaran berbasis ICT-2.pdf

Ramadhani, M. (2012). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Web Pada Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan. Laporan Akhir Skripsi, 1(1), 1–30. https://doi.org/10.1002/rcm

Penggunaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (P2TIK) Sektor Pendidikan 2018,(online), (https://www.bps.go.id/id/publication/2018/12/24/27971845a9d616341333d103/penggunaan-dan-pemanfaatan-teknologi-informasi-dan-komunikasi--p2tik--sektor-pendidikan-2018.html diakses 28 Agustus 2024)

Rila Setyaningsih, Abdullah, Edy Prihanto, H. (2020). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfataan E-Learning. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–21.

Riyana, C. (2010). Peranan teknologi dalam pembelajaran. Cepi Riyana, M.Pd, 01(01), 1–16.

Rudiansyah, G., & Wiguna, H. S. (2016). Penerapan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran. 2(2), 73–84.

Suhara, A. M. (2020). Pengaruh Media E-Learning terhadap Minat Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi. IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 448–452. www.journal.uta45jakarta.ac.id

Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi Digital Abad 21 Bagi Mahasiswa PGSD: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Conference Series Journal, 1(1), 1–7. https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/14284

Suryadi, A. (2007). Pemanfaatan ict dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 8(1), 83–98.

Susanti, W., & Jalinus, N. (2018). Analisis Pembelajaran Berbasis E-learning dengan Teknologi Cloud Computing. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 2(2), 49. https://doi.org/10.35145/joisie.v2i2.19

Syifa, A. (2020). Evaluasi Penerapan E-Learning Melalui Model Cipp Di Program Studi Psikologi Islam Iain Pontianak. Jurnal As-Salam, 4(2), 180–194.

Sasmito Madrim, 11/11/2022, Mendikbud: 10,2 Juta Pengguna Pakai Platform Pendidikan (online), (https://www.voaindonesia.com/a/mendikbud-10-2-juta-pengguna-pakai-platform-pendidikan/6828882.html diakses 28 Agustus 2024).

https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i2.210

WAHYUNI, L. T. (2019). HUBUNGAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGETAHUAN PEMANFAATAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK CALON GURU KIMIA. Laporan Akhir Skripsi, 1(1), 1–70.

Winarni, E. W., Purwandari, E. P., & Utama, F. P. (2019). Implementasi Program Literasi Sains Berbasis Ict Di Sd Negeri 07 Kota Bengkulu. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 17(2), 25–34. https://doi.org/10.33369/dr.v17i2.10064

Zulfiati, H. M. (2015). Kontribusi Information Communication and Technology (ICT) Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(2), 134–139. https://doi.org/10.30738/TRIHAYU.V1I2.840

Published

2024-06-30

How to Cite

Rasiman, I. (2024). Efektivitas Pemanfaatan ICT Dalam Mendukung Perkuliahan TIK Mahasiswa Prodi PGMI IAI Al Khoziny Sidoarjo. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 5(1), 113-125. https://doi.org/10.47400/jiees.v5i1.81

Issue

Section

Articles