Pemanfaatan Outdoor Learning Sebagai Media Pembelajaran Langsung di Lingkungan Sekitar Bagi Siswa SD/MI
DOI:
https://doi.org/10.47400/jiees.v5i1.83Keywords:
Pemanfaatan Outdoor Learning, Media Pembelajaran Langsung, Lingkungan Sekitar, Siswa SD/MIAbstract
Latarbelakang kajian penelitian ini diawali banyaknya pembelajaran yang hanya didominasi siswa didalam kelas, ruangan, serta kurang adanya interaksi terhadap lingkungan sekitar (outdoor learning), pembelajaran diluar kelas menjadi jawaban atas realitas kehidupan yang membutuhkan alam sekitar dalam mendukung siswa belajar berbasis alam lingkungan, adapun metode penelitian ini library research atau penelitian berbasis kepustakaan yang merupakan penelitian yang mengumpulkan data, informasi, sumber berdasarkan material diruang perpustakaan terkait naskah, arsip, buku, jurnal, majalah, catatan dokumen, catatan data yang mendukung sumber penelitian yang dilakukan sesuai topik kajin yang dilakuan terkait pemanfaatan outdoor learning sebagai media pembelajaran langsung di lingkungan sekitar bagi siswa SD/MI. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan outdoor learning sebagai media pembelajaran langsung di lingkungan sekitar bagi siswa SD/MI sangat manfaat dan mendukung, dikarenakan dengan pembelajaran diluar kelas menjadikan siswa tidak mudah bosan, lebih menikmati suasana alam, lingkungan asri indah kehidupan alam.
Downloads
References
Angelina Tiku Sapan. (2017). Penerapan Model Pembelajaran “Outdoor Learning” Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas Dasar Iv Di Slb Negeri Polewali Kabupaten Polman. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11.
Aprila, K., Destiniar, D., & Mega Prasrihamni, M. P. (2021). Pengaruh Model Outdoor Learning Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa SD Negeri 6 Rambang. Indonesian Research Journal On Education, 2(1), 22–30. https://doi.org/10.31004/irje.v2i1.33
Cintami, C., & Mukminan, M. (2018). Efektivitas outdoor study untuk meningkatkan hasil belajar Geografi berdasarkan locus of control di SMA Kota Palembang. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 164–174. https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22675
Clementin Juni Antari, Agus Triyogo, A. S. E. (2020). Penerapan Model Outdoor Learning pada Pembelajaran Tematik Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Dazaqy, Haviz Hutasoit, H. O. M., Br.Sitorus, N. S., Santika, Robi Winda Putri, W. A., & Setiawan, B. (2024). Studi literatur : perancangan sebuah pembelajaran berbasis outdoor learning Ppkn SD kelas awal yang inovatif dan berkarakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3413–3418.
Karmila. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Outdoor Learning Berbasis. Journal of EST, 2(ApriL 1), 26–32.
Mamonto, R. A., Mutmainah, M., & Danial, Z. T. (2021). Implementasi Metode Outdoor Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD. Journal of Elementary Educational Research, 1(2), 99–109. https://doi.org/10.30984/jeer.v1i2.74
Miftahul Andika Saputri, A., Selvi, N., & Hastati, S. (2023). Metode Outdoor Learning Dalam Peningkatkan Motivasi Belajar Siswa Ilmu Pengetahuan Alam Sd Inpres 6/86 Balle. ALENA : Journal of Elementary Education, 1(2), 114–120. https://doi.org/10.59638/jee.v1i2.54
Muhtadi, M. A. (2023). Pembelajaran Berbasis Outdoor Education sebagai Upaya Peningkatan Minat dan Motivasi Belajar Siswa SD di Kota Sukabumi. Jurnal Pendidikan West Science, 01(06), 274–280. https://wnj.westscience-press.com/index.php/jpdws/article/view/465
Rasmilah, I. (2016). Pembelajaran Outdoor Study Untuk Membentuk Kepedulian Lingkungan. Jurnal Geografi Gea, 13(1), 85–91. https://doi.org/10.17509/gea.v13i1.3312
Sajidan, S., Atmojo, I. R. W., Saputri, D. Y., & Ardiansyah, R. (2022). Keefektifan Model Pembelajaran Outdoor Learning melalui Wisata Edutainment untuk Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 6(2), 175. https://doi.org/10.20961/jdc.v6i2.61541
Sirileleu, C. Y. B., Silaban, P. J., Tanjung, D. S., Sipayung, R., & Raja, B. L. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Energi dan Perubahannya. Elementary School Journal Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 13(4), 466. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i4.50204
Sofnidar, Kamid, K. A. (2017). Desain Sintak Model Outdoor Learning Berbasis Modelling Mathematics. EDUMATICA | Jurnal Pendidikan Matematika, 7(02), 1–10. https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i02.4211
Sulasih, B., Syamwil, R., & Wilonoyudho, S. (2017). Journal of Vocational and Career Education Pengembangan Model Pembelajaran Outdoor Study Berbasis Keunggulan Lokal pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jvce, 2(1), 79–85. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jvce
Tri Utami Ermawati, & Risma Dwi Arisona. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Study Dalam Bentuk Field Work Pada Materi Kegiatan Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu Siswa Smp. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1), 31–48. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i1.41
Yenny, I. L. (2018). Penerapan Outdoor Learning Pada Siswa Kelas ViII SMP Negeri 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 71–85.
Yuliyanti, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 136–141. https://doi.org/10.31949/jee.v3i1.2125
MTS HIDAYATULLAH. (https://hidmat.sch.id/read/4/outdoor-learning#:~:text=Outdoor%20learning%20adalah%20merupakan%20aktivitas,pembelajaran%20semakin%20nyata%20dan%20bermakn.diakses 27 Juni 2024).
JAWAPOS.Ladarsemarang (https://radarsemarang.jawapos.com/untukmu-guruku/721391522/meningkatkan-minat-belajar-siswa-melalui-outdoor-learning diakses 27 Septmber 2024).
Metode Pembelajaran di Luar Kelas (Outdoor Study), Muchlisin Riadi, 14 Sep, 2021 (https://www.kajianpustaka.com/2019/09/metode-pembelajaran-di-luar-kelas.html diakses 27 September 2024)
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.