ISSNE-ISSNP-ISSNPEOPLEEditorial BoardPeer-ReviewersContact UsJOURNAL POLICIESFocus and ScopeEditorial PoliciesPeer Review ProcessManuscript FlowPublication EthicsCopyright NoticeSUBMISSIONAuthor GuidelinesManuscript TemplateOnline SubmissionsManuscript FlowPublication FeeINFORMATIONAbstracting and IndexingRequest Print VersionTOOLSSTATISTICMAPS
Editorial Policies
Editorial Policies
- Focus and Scope
- Section Policies
- Peer Review Process
- Publication Frequency
- Open Access Policy
- Anti-plagiarism Policy
- Internal Policy
- Journal Scientific Statement
- Reference Management Software
- Archiving
- JIEES's Documents
Focus and Scope
JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School atau Jurnal Pendidikan Islam Tingkat Sekolah Dasar tersedia secara gratis untuk (akses terbuka) bagi semua pembaca. Artikel-artikel dalam JIEES termasuk hasil penelitian Pendidikan Islam Tingkat Sekolah Dasar dalam perkembangannya, termasuk:
- Pengembangan Pendidikan di MI/SD
- Desain, Perencanaan, Strategi Pembelajaran di MI/SD
- Evaluasi Pembelajaran di MI/SD
- Manajemen Pendidikan MI/SD
- Pendidikan Inklusif tentang MI/SD
- Penelitian Berbasis Integrasi dan Interkoneksi MI/SD
- Profesionalisme Guru di MI/SD
- Perangkat dan Inovasi Pembelajaran di MI/SD
- Teknologi Informasi dan Literasi Digital di MI/SD
- Topik terkait fokus ke-MI/SD an.
Section Policies
Comments and Criticism
Open Submissions | Indexed | Peer Reviewed |
Articles
Open Submissions | Indexed | Peer Reviewed |
Peer Review Process
Jurnal JIEES terbit secara electronic sebagai Open Journal System (OJS) sejak tahun 2020 di bawah pengelolaan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah IAI Al Khoziny Buduran Sidaorjo. Memiliki frekuensi penerbitan dua kali setahun, yaitu periode Juni dan Desember, seluruh artikel yang dipublikasikan melalui peer review process oleh Board of Editors dan Reviewers baik editor dan reviewer internal maupun eksternal.
Penulis dapat menyarankan maksimal 5 reviewer potensial untuk meninjau artikel mereka (harap sertakan informasi berikut, mis. Judul, nama, lembaga, alamat pos, dan alamat email). Penulis juga dapat mengusulkan reviewer yang tidak diinginkan untuk tidak meninjau artikel mereka (maksimal 5 peneliti dengan penjelasan yang masuk akal). Reviewer harus memiliki ID-Scopus atau Peneliti-ID (Thomson Reuters) atau dicatat sebagai penulis pertama dalam jurnal ini dengan (minimal) gelar doktor.
Reviewer juga dapat diundang dari jurnal yang diterbitkan oleh penerbit besar seperti Elsevier atau Springer. Mereka berasal dari lembaga yang berbeda dengan penulis; lebih disukai berasal dari berbagai negara. Peninjau tidak boleh mengalami masalah yang berkepentingan yang melibatkan penulis. Meskipun demikian, editor tidak berkewajiban untuk menggunakan reviewer yang disarankan oleh penulis.
Semua artikel yang diserahkan ke JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School akan dibaca dan ditinjau (double blind peer review) oleh (minimal) 2 reviewer yang ahli dalam bidangnya. Alur Layanan Naskah dapat dilihat di halaman ini. Editor dapat menugaskan reviewer dari reviewer JIEES, saran Penulis, peneliti lain, dan / atau Anggota Editorial JIEES lainnya. Penerimaan naskah tergantung pada kebaruan penelitian, signifikansi artikel, kebenaran konten, tingkat orisinalitas, kejelasan deskripsi, dan kesesuaian dengan tujuan maksud jurnal.
Peer-Review Process dalam jurnal ini diawali dengan telaah berkaitan dengan ketepatan pemenuhan persyaratan Author Guidelines atau panduan penulisan artikel serta review journal template oleh Board of Editors atau Dewan Redaksi baik internal maupun eksternal. Editor yang telah memiliki rekam jejak bertugas secara seksama memeriksa dan memastikan bahwa artikel yang sedang ditelaah memenuhi Author Guideline dan Template Journal. Tahap selanjutnya editor bertugas memberikan hasil penilaian dengan mengisi formulir hasil penilaian / form penilaian. Proses selanjutnya, tim editor kemudian bertugas mengembalikan artikel sesuai hasil telaah dari Board of Editor manakala artikel masih belum memenuhi Author Guideline maupun Template Journal untuk direvisi oleh penulis.
Dalam proses telaah oleh Editorial Team, juga dilakukan telaah berkaitan dengan pengecekan similarity dengan menggunakan Turnitin. Artikel yang telah memenuhi persyaratan proses review dari tim editor, kemudian dilanjutkan dengan proses review oleh reviewer. Editor bertugas mengirim artikel secara electronic kepada para reviewers baik reviewer internal maupun eksternal.
Peer review process yang dilakukan oleh internal reviewer maupun external reviewer bertugas menelaah dan menilai substansi artikel, membantu penulis melalui komentar dan masukan-masukan baik yang berkaitan dengan state of arts maupun komponen substansi relevan lainnya. Proses review dilaksanakan menggunakan single blind review dan secara bertahap menggunakan double blind review. Proses review secara etika dilaksanakan untuk substansi artikel, kritik dan masukan dilakukan secara obyektif. Reviewer menyajikan pandangan serta masukan secara jelas yang didukung oleh argumentasi yang jelas. Kritik terhadap pribadi penulis merupakan tindakan yang tidak etis dan tidak pada tempatnya dilakukan oleh reviewer selama dalam proses me-review pada jurnal ini.
Reviewer bertugas secara detail mengidentifikasi relevansi dokumen hukum, konsep, teori maupun hasil studi relevan terdahulu yang digunakan penulis untuk mengkaji dan menganalisis. Reviewer juga bertugas mengidentifikasi sumber-sumber bacaan atau hasil studi relevan yang belum dikutip oleh penulis.
Keseluruhan proses review dilakukan secara electronic. Setelah tahapan peer review process dari reviewers selesai, kemudian Editor Jurnal bertugas untuk memutuskan artikel yang layak dipublikasikan, dengan mempertimbangkan hasil telaah awal dari tim editors, validitas artikel dari hasil reviewers, kemanfaatan maupun kontribusi substansi artikel dalam rangka pengembangan ilmu pendidikan dasar bagi peneliti, akademisi, maupun praktisi, khususnya berkaitan dengan pengembangan substansi ilmu pendidikan secara lokal, nasional, maupun internasional. Tahap akhir dari peer review process adalah accepted dan copyediting dan publikasi.
Naskah dapat diterima tanpa revisi, revisi kecil, revisi besar, atau bahkan ditolak. Keputusan akhir penerimaan naskah harus dibuat oleh Dewan Editorial sesuai dengan komentar kritis reviewer. Hasil artikel yang diulas oleh viewer akan diberitahukan kepada penulis melalui email. Penulis diberi kesempatan untuk merevisi artikelnya berdasarkan saran reviwer (dan editor) selambat-lambatnya 8 minggu setelah pemberitahuan email.
Frekuensi Publikasi
JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School - Jurnal Penelitian Pendidikan Islam di Tingkat Sekolah Dasar - adalah jurnal peer-review yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah IAI Al Khoziny Buduran Sidaorjo. JIEES diterbitkan secara berkala (dua kali setahun) pada bulan Juni dan Desember, di mana 7-10 artikel akan diterbitkan dalam setiap terbitan.
Open Access Policy
Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa artikel penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan secara global yang lebih besar. Semua artikel yang diterbitkan di JIEES adalah akses terbuka dengan mengikuti lisensi Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International license. Full license can be found here.
Anti-plagiarism Policy
Semua artikel yang dikirim ke JIEES harus merupakan karya asli penulis (bebas dari plagiarisme). Artikel yang dikirimkan tidak pernah ada di media apapun dan / atau tidak sedang atau akan dikirimkan di media apapun. Penulis bertanggung jawab atas keaslian naskah yang dikirimkan. Semua manuskrip yang masuk akan diperiksa keasliannya untuk mencegah plagiarisme dengan menggunakan Turnitin maksimal 20%, perangkat lunak anti-plagiarisme. Segala bentuk plagiarisme tingkat tinggi akan dilarang (sementara hingga permanen).
Internal Policy
Editor, Peer-reviewer, dan Proofreaders dari JIEES diizinkan untuk mengirimkan artikel di jurnal ini dengan ketentuan sebagai berikut :
- Editor dan Peer-reviewer JIEES yang mengirimkan artikel ke jurnal ini, maka tidak dilibatkan sementara dari proses editorial (terutama dalam naskah mereka) mulai dari saat mengirimkan artikel. Kebijakan ini masuk ke dalam keputusan publikasi artikel (diterima tanpa revisi, diterima dengan revisi kecil, diterima dengan revisi besar, atau ditolak) setidaknya 1
- Editor dan Peer-reviewer JIEES yang mengirimkan artikel tidak diizinkan untuk campur tangan dalam proses editorial pada edisi / nomor ketika artikel dikirim ke JIEES.
- Setiap proses editorial akan dilakukan oleh Editor lainnya, Peer-reviewer sampai proses selanjutnya.
- Tidak ada perlakuan khusus untuk Editor dan Peer-reviewer JIEES yang mengirimkan artikel ke JIEES.
- Journal of Islamic Education at Elementary School (JIEES)
Artikel-artikel yang diterbitkan dalam JIEES secara ilmiah mengikuti kode etik publikasi ilmiah. Kode etik itu sendiri menjunjung tinggi tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu, (1) Netralitas (bebas dari konflik kepentingan dalam pengelolaan publikasi); (2) Keadilan (memberikan hak kepenulisan kepada penerima sebagai penulis); dan (3) Kejujuran (bebas dari duplikasi, fabrikasi, pemalsuan, dan plagiarisme) dalam publikasi. Artikel yang diterbitkan juga mengikuti prosedur atau perintah tertentu, seperti tinjauan double blind dan proses revisi yang konsisten dengan tinjauan reguler jurnal, untuk memastikan bahwa kualitasnya terjaga dengan baik.
Journal Scientific Statement
Artikel-artikel yang diterbitkan dalam JIEES secara ilmiah mengikuti kode etik publikasi ilmiah. Kode etik itu sendiri menjunjung tinggi tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu, (1) Netralitas (bebas dari konflik kepentingan dalam pengelolaan publikasi); (2) Keadilan (memberikan hak kepenulisan kepada penerima sebagai penulis); dan (3) Kejujuran (bebas dari duplikasi, fabrikasi, pemalsuan, dan plagiarisme) dalam publikasi. Artikel yang diterbitkan juga mengikuti prosedur atau perintah tertentu, seperti tinjauan double blind dan proses revisi yang konsisten dengan tinjauan reguler jurnal, untuk memastikan bahwa kualitasnya terjaga dengan baik.
References Management Software
Semua artikel yang dikirim ke JIEES harus menggunakan perangkat lunak manajemen referensi (mis., Mendeley, EndNote, dan Zotero) dengan gaya kutipan APA.
Archiving
LOCKSS
Open Journal Systems supports the LOCKSS (Lots of Copies Keep Stuff Safe) system to ensure a secure and permanent archive for journal content. If your journal has been accepted to archive content in the Global LOCKSS Network or participates in a Private LOCKSS Network other than the PKP PN, enable it here:
JIEES disimpan dalam berbagai arsip digital untuk menjamin pelestarian digital jangka panjang. Arsip-arsip ini meliputi :
Journal Google Drive
Garuda (Garda Rujukan Digital)
JIEES's Documents
ISSN Print
ISSN Online
ISSN Print Statement Letter
ISSN Online Statement Letter
PDII LIPI Repository Obligation Letter
JIEES Editor Team Statement Letter
JIEES Publisher Statement Letter
Publisher
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah IAI Al Khoziny Buduran Sidaorjo
Website: http://jiees.alkhoziny.ac.id/index.php/jeies
Email: jiees@alkhoziny.ac.id